Breaking News:

Kasus Babinsa

Viral Surat Jenderal TNI ke Kapolri soal Pemanggilan Babinsa oleh Polisi, Ini Kata Kodam Merdeka

Kapendam XIII/Merdeka Letkol Inf Jhonson Sitorus membenarkan adanya undangan klarifikasi dari pihak Polresta Manado kepada Babinsa Winangun Atas.

Penulis: Andreas Ruauw | Editor: Aldi Ponge
Tribun Manado/Andreas Ruauw
Kapendam XIII/Merdeka Letkol Inf Jhonson Sitorus 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pada 15 September 2021. Brigjen TNI Junior Tumilaar menulis surat terbuka kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo

Dalam surat tulisan tangan itu, Tumilaar keberatan dengan sikap penyidik yang memanggil Babinsa untuk dimintai keterangan.

Kapendam XIII/Merdeka Letkol Inf Jhonson Sitorus membenarkan adanya undangan klarifikasi dari pihak Polresta Manado kepada Babinsa Winangun Atas.

"Dan setelah dilakukan koordinasi antara Dandim 1309/Manado dengan Kapolresta Manado, undangan klarifikasi atau permintaan keterangan tersebut tidak jadi dilaksanakan," katanya.

Lanjut Kapendam, terkait adanya informasi bahwa Babinsa Winangun Atas didatangi oleh tiga personel Brimob Polda Sulut, dan setelah dikonfirmasikan dengan Babinsa tersebut, hal itu memang benar adanya.

“Tapi tidak ada maksud apa-apa. Kedatangan personel Brimob saat itu hanya ingin menyampaikan surat undangan klarifikasi tersebut,” terang Kapendam, Rabu (22/9/2021).

Terkait hal tersebut, pihaknya juga menegaskan bahwa, TNI-Polri di Sulut tetap solid. “TNI-Polri di Sulut tetap bersinergi demi NKRI,” tandas Kapendam.

Terkait viralnya surat terbuka dengan tulisan tangan yang ditujukan kepada Kapolri, serta beredarnya rekaman video pernyataan yang dibuat oleh Brigjen TNI Junior Tumilaar di media sosial, Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Danpuspomad) akan melakukan pemeriksaan terhadap Irdam XIII/Merdeka tersebut di Puspomad, Jakarta.

Pemeriksaan yang akan dilakukan terhadap Jenderal bintang satu tersebut, terkait adanya dugaan bahwa hal - hal yang disampaikan mengandung berita yang tidak sesuai dengan fakta yang ada.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast  dan Irdam Merdeka Brigjen TNI Junior Tumilaar
Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast  dan Irdam Merdeka Brigjen TNI Junior Tumilaar (Tribun Manado/Andreas Ruauw/Istimewas)

Penjelasan Polda Sulut Soal Pemanggilan Anggota Babinsa yang Dipotes Jenderal TNI

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved