Breaking News:

Penanganan Covid

Apa itu Endemi Covid-19? Pemerintahan Jokowi Bersiap Ubah Status Pandemi

Menurut WHO, seperti penyakit lain yang dulunya menjadi Pandemi pada akhirnya berubah menjadi Endemi.

Editor: Aldi Ponge
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintahan Joko Widodo berencana akan menurunkan status pandemi covid-19.

Pandemi covid akan diubah menjadi endemi covid

Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut Pemerintah tengah menggencarkan vaksinasi Covid-19 sebagai upaya persiapan perubahan status Pandemi Covid-19 menjadi Endemi

Muhadjir menyebut, ini sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo bahwa virus Covid-19 tak akan hilang dalam waktu dekat.

"Pemerintah gencarkan vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu langkah persiapan transisi pandemi Covid-19 menjadi endemi," kata Muhadjir dikutip dari Kompas.com, Sabtu (11/9/2021).

Kendati demikian, meski vaksinasi dipercepat untuk mengubah status pandemi menjadi endemi, ia mengatakan kunci utama adalah kesadaran masyarakat taat protokol kesehatan.

Lantas, apa sebenarnya pengertian endemi?

Melansir dari Health, endemi didefinisikan sebagai kehadiran konstan maupun prevalensi penyakit atau infeksi yang biasa terjadi dalam suatu wilayah geografis.

Contoh penyakit endemi adalah Malaria, yang merupakan penyakit serius dan fatal, diakibatkan nyamuk di sejumlah negara bagian Afrika selatan Sahara dan beberapa daerah di Papua Nugini.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) sebagaimana dikutip dari laman IndianExpress menyatakan, penyakit endemi terjadi ketika kehadiran atau prevalensi biasa dalam populasi bersifat konstan.

Adapun jika kasus mulai meningkat, maka akan diklasifikasikan sebagai Epidemi. Adapun jika Epidemi tercatat di beberapa negara dan wilayah, maka disebut dengan Pandemi.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved