Breaking News:

Berita Bitung

Pembahasan soal Tapal Batas Gunung Dua Sudara dan Gunung Klabat

Rapat itu dipimpin Wakil Wali Kota Bitung di Ruangan BPU Kantor Wali Kota dan dihadiri sejumlah instansi yang berkaitan dengan batas kawasan hutan.

Penulis: Christian_Wayongkere | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere
Pembahasan hasil pemancangan batas sementara dan inventarisasi serta identifikasi hak-hak pihak ketiga pada sebagian kawasan di Kota Bitung, Kamis (02/09/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado Pemerintahan Kota Bitung di bawah pimpinan Maurits Mantiri dan Hengky Honandar serius terkait persoalan tapal batas antara kawasan hutan dan pemukiman.

Kamis (2/9/2021), lewat rapat PTB persoalan tapal batas ini dibahas.

Tema yang diusung dalam rapat adalah: pembahasan hasil pemancangan batas sementara dan inventarisasi serta identifikasi hak-hak pihak ketiga pada sebagian kawasan di Kota Bitung, Kamis (02/09/2021).

Rapat itu dipimpin Wakil Wali Kota Bitung di Ruangan BPU Kantor Wali Kota dan dihadiri sejumlah instansi yang berkaitan dengan batas kawasan hutan.

Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah VI, Victor Rante Lembang S.Hut M.Si mengatakan, ada perubahan peruntukan di Cagar Alam Duasudara yang terletak di Kelurahan Kasawari Kecamatan Aertembaga dan di hutan lindung Gunung Klabat di Desa Karondoran Kecamatan Ranowulu.

Victor Lembang mengatakan ada beberapa lokasi di Kelurahan Kasawari dan Desa Karondoran itu yang sudah terjadi perubahan.

Di mana dulunya kawasan hutan sekarang bukan lagi kawasan hutan.

Maka dari itulah, kata dia, Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah VI Manado, yang memiliki wilayah kerja di Provinsi Sulut dan Maluku Utara melakukan tugas menyelesaikan penataan batas kawasan hutan.

Pihaknya melakukan tata batas agar masyarakat yang berada di sana bisa memperoleh kepastian khsususnya dalam hal kepemilik hak atau sertifikat hak milik lahan.

"Karena pihak badan pertanahan tidak bisa keluarkan sertifikat, jika areal itu masih berada dalam kawasan hutan," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved