Breaking News:

Sidang Vonnie Panambunan

Sidang Korupsi Pemecah Ombak Minut: BMKG Tak Pernah Keluarkan Laporan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem

Sidang dipimpin oleh Majelis Hakim Djamaludin Ismail,  Muhammad Alfi Sahrin Usup, dan Hakim Ad Hoc Pultoni.

Penulis: Isvara Savitri | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Isvara Savitri
Sidang kasus korupsi proyek pemecah ombak Likupang 2, Minahasa Utara di Pengadilan Negeri Manado, Sulawesi Utara, Senin (30/8/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Sidang korupsi proyek pemecah ombak Likupang 2, Minahasa Utara (Minut) terdakwa Vonnie Anneke Panambunan (VAP) kembali dilaksanakan, Senin (30/8/2021).

Sidang beragendakan pemeriksaan saksi ini dilaksanakan di Pengadilan Negeri (PN) Manado yang berada di Kompleks Pengadilan Terpadu, Jalan Adipura Raya, Kima Atas, Mapanget, Manado, Sulawesi Utara.

Sidang dipimpin oleh Majelis Hakim Djamaludin Ismail,  Muhammad Alfi Sahrin Usup, dan Hakim Ad Hoc Pultoni.

Saksi yang dihadirkan dalam persidangan tersebut adalah Mantan Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minut Petrus Macarauw, Bendahara BPBD Minut Luvie Melissa Kambey, dan Pejabata Pembuat Keputusan (PPK) BPBD Minut Steven Hendrik Solang.

Selain itu, ada juga Mantan Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Kelas II Minut Asep Hendrawan yang hadir secara daring karena saat ini ia sudah dimutasi ke Palu, Sulawesi Tengah.

VAP selaku terdakwa pun dihadirkan secara daring.

Menurut keterangan Asep, BPBD Minut pernah beberapa kali menyurat ke BMKG Minut untuk meminta prakiraan cuaca selama tiga bulan di tahun 2016 sebelum menetapkan status siaga darurat bencana untuk Likupang.

Asep juga membenarkan bahwa untuk menetapkan status siaga darurat bencana, BPBD memang harus mendapat surat keterangan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG.

"Tapi kami tidak pernah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem karena saat itu cuaca masih normal," jelas Asep dalam persidangan.

BMKG sendiri memang mengeluarkan laporan prakiraan cuaca setiap hari dan setiap bulan lalu diberikan baik ke pemerintah provinsi (Pemprov) maupun pemerintah daerah (Pemda).

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved