Breaking News:

Webinar Series Ekspedisi

Mengetahui Regulasi Angkutan Barang: Pelanggaran ODOL hingga Dampaknya

"Eskalasi Perkembangan Industri Lokal: Distribusi & Regulasi Angkutan di Sulawesi Utara", Jumat (27/8/2021).

Penulis: Isvara Savitri | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Isvara Savitri
Acara Webinar Series Ekspedisi "Eskalasi Perkembangan Industri Lokal: Distribusi & Regulasi Angkutan di Sulawesi Utara", Jumat (27/8/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Demi keselamatan perjalanan, pemerintah telah menyiapkan regulasi bagi angkutan orang maupun barang.

Hal ini dipaparkan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Utara, Lynda Watania dalam acara Webinar Series Ekspedisi "Eskalasi Perkembangan Industri Lokal: Distribusi & Regulasi Angkutan di Sulawesi Utara", Jumat (27/8/2021).

Lynda mengatakan dalam aturan, angkutan barang dibagi menjadi angkutan barang umum dan angkutan barang khusus.

"Selain itu barang yang diangkut pun dibagi menjadi dua, yaitu ada yang muatan barang berbahaya seperti mengandung bahan yang mudah meledak, dan barang tidak berbahaya seperti tumbuhan, kendaraan bermotor, dan lain-lain," jelas Lynda.

Untuk beroperasi, kendaraan-kendaraan ini diharuskan memiliki izin dari kementerian, pemerintah daerah (Pemda), dan lembaga terkait.

Lynda juga mengungkapkan tak jarang adanya angkutan barang yang melakukan pelanggaran seperti over dimension and over load (ODOL).

Pelanggaran ODOL ini disebabkan oleh adanya perang tarif antara pengusaha satu dengan lainnya, karena tingkat persaingan juga semakin tinggi.

"Dalam hal ini biasanya pengusaha lebih mementingkan usahanya di samping keselamatan dan lingkungan," tutur Lynda.

Padahal pelanggaran ODOL selain bisa berdampak pada keselamatan pekerja, juga bisa berdampak pada kerusakan infrastruktur seperti jalan, jembatan, hingga pelabuhan.

"Kalau sampai overload pengusaha juga yang rugi karena biaya perawatan kendaraan jadi lebih tinggi karena barang yang terlalu banyak bisa menyebabkan kerusakan pada kendaraan," terang Lynda.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved