Breaking News:

BNI

Pemkot Bitung Gandeng BNI, Dukung Digitalisasi Pembayaran QRIS dan Luncurkan Kartu Pedagang

Pemerintah Kota Bitung menggandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) Kantor Wilayah 11 Manado (Suluttenggomalut)

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Chintya Rantung
BNI Manado
Pemimpin BNI Wilayah 11 Manado (Suluttenggomalut), Koko Prawira Butar-Butar dan Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri menandatangani Nota Kesepahaman tentang pemanfaatan Fasiltas Jasa dan Layanan BNI pada Kegiatan Perdagangan di Kota Bitung, Senin (23/08/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado -  Pemerintah Kota Bitung menggandeng PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) Kantor Wilayah 11 Manado (Suluttenggomalut).

Kedua pihak sepakat bersinergi menggelar Program Digitalisasi Pembayaran dengan penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) dan meluncurkan Kartu Debit Co-Branding Kartu Pedagang.

Hal tersebut diimplementasikan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama tentang pemanfaatan Fasiltas Jasa dan Layanan BNI pada Kegiatan Perdagangan di Kota Bitung.

Pemimpin BNI Wilayah 11 Manado (Suluttenggomalut), Koko Prawira Butar-Butar dan Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri menandatangani Nota Kesepahaman tersebut di Bitung, Senin (23/08/2021).

Koko Prawira Butar-Butar mengatakan BNI berkomitmen berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Kota Bitung untuk menyatukan energi bersama untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

BNI terus mendorong gerakan penggunaan alat pembayaran Non Tunai yang dicanangkan oleh Bank Indonesia pada 14 Agustus 2014.

Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran sekaligus meningkatkan penggunaan non tunai dikalangan masyarakat, pelaku bisnis dan lembaga-lembaga pemerintah.

"Sehingga berangsur-angsur terbentuk komunitas atau masyarakat yang lebih menggunakan instrument non tunai khususnya dalam melakukan transaksi kegiatan ekonominya," kata Koko kepada Tribunmanado.co.id.

Lanjut dia, penggunaan system QR Code Indonesian Standard (QRIS) merupakan salah satu transaksi non tunai dimana akan membuat transaksi lebih efektif dan efisien.

Pemilik usaha hanya memiliki satu identitas QR dan dapat dibaca oleh semua aplikasi. Sumber dana pun memungkinkan baik dari dompet digital mau pun rekening di perbankan.

BNI berharap program ini dapat menyentuh berbagai lapisan masyarakat Kota Bitung dan sekitarnya.

"Sehingga pengalaman bertransaksi non tunai dapat menumbuhkan kebiasaan yang pada akhirnya menuju pada perubahan perilaku konsumendan  mengikuti perkembangan teknologi yang sangat cepat, “ujar Koko.

Sementara Maurits Mantiri menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada BNI Wilayah 11 Manado dan BNI Cabang Bitung yang sudah menjalin kerja sama dengan Perusahaan Umum Daerah Pasar Kota Bitung untuk mendukung program pemerintah melalui Digitalisasi Pembayaran Non Tunai QRIS.

Selain itu, kolaborasi itu meluncurkan Kartu Pedagang sebagai kartu identitas para pedagang yang terdapat di Kota Bitung yang akan memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran.

"Program ini membantu pemerintah dalam meningatkan akutanbilitas dan transaksi pengelolaan keuangan daerah," kata Mantiri.

Hadir dalam penandatanganan tersebut,  Asisten 1 Bitung, Julius M. Ondang; Kepala Dinas Perdagangan Benny Lontoh; Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Pasar Bitung, Delanusa Kahiking; Kabag Kerjasama Rio Valentino Karamoy; Kabag Hukum, Meiva Woran;  Pemimpin BNI Cabang Bitung, Sjalom Rampengan dan Pemimpin Kelompok Solusi Bisnis Digital, Demsy Sidangoli.(ndo)

Baca juga: KNPI Sulut Gelar Vaksinasi Covid 19, Silakan Daftar Online di Alamat Berikut

Baca juga: Cuaca Manado Selasa 24 Agustus 2021, Info BMKG Potensi Hujan di Siang Hari

Baca juga: Peringatan Dini Besok Selasa 24 Agustus 2021, BMKG: Ini 23 Wilayah yang Patut Waspada Cuaca Ekstrem

 

 

 

 

 

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved