Breaking News:

Berita Sulut

Pandemi Covid-19, Komoditas Pertanian Sulut Bertambah 55 Produk Baru

Beberapa komoditas baru dari Sulut dalam satu terakhir ini di antaranya adalah tanaman hias yang sudah diekspor ke 16 negara dan air kelapa

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Chintya Rantung
Ist/Dok. Karantina Pertanian Manado.
Kepala Karantina Pertanian Manado, Donni Muksyadayan mengungkapkan, komoditas ekspor pertanian Sulut bertambah di masa pandemi Covid-19. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Meski pandemi Covid-19, ekspor komoditas pertanian Sulut justru menunjukkan pertumbuhan.

Donni Muksyadayan, Kepala Karantina Pertanian Manado menyampaikan, bahwa dalam satu tahun terakhir bertambah 55 produk ekspor baru.

"Selain komoditasnya, bertambah 16 eksportir baru dari Sulut," kata Donny kepada Tribunmanado.co.id, Minggu (15/08/2021).

Beberapa komoditas baru dari Sulut dalam satu terakhir ini di antaranya adalah tanaman hias yang sudah diekspor ke 16 negara dan air kelapa ke 2 negara.

"Bahkan ada ekspor baru dari Indonesia asal Sulut yaitu Stevia ke Korea yang kedepan dapat menjadi salah satu ekspor unggulan baru," jelasnya.

Menurut dia, sinergi yang terbangun baik dan kemudahan fasilitasi serta dukungan besar dari Gubernur Sulut beserta jajaran dinas diharapkan dapat terus meningkakan ekonomi daerah dari sektor pertanian.

Sebelumnya, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan bahwa kinerja ekspor pertanian Indonesia saat ini sedang meningkat pesat.

Ia menyebut bahwa sektor pertanian masih bisa tetap kuat dalam suasana pandemi Covid-19 ini.

Pada Januari hingga Juni 2021 nilai ekspor menembus Rp 277,95 triliun, meningkat 40,29 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

Lebih lanjut, pihak Mentan menyatakan akan melakukan beberapa akselerasi ekspor produk pertanian. Diharapkan nantinya pada 2024 mendatang ekspor pertanian RI berlipat ganda hingga 3 kali nilai hari ini.

Dalam mewujudkan hal itu, pihaknya mengaku akan berusaha mengembangkan beberapa produk yang potensial.(ndo)

Baca juga: Sulut Ekspor Komoditas Pertanian Senilai Rp 63,6 Miliar ke 14 Negara

Baca juga: Bantuan Terus Berdatangan ke Dapur Umum Lapangan Polres Bitung

Baca juga: Kecelakaan Maut Tadi Pukul 13.30 WIB, 2 Orang Tewas, Korban Tertabrak Truk saat Hendak Belok Kanan

 

 

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved