Breaking News:

Berita Bitung

50 Persen Kapasitas KM Tatamailau Adalah Tempat Isolasi, Fasilitas Ditangani Pemkab Minut dan Bitung

Olih Masolich Sodikin Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni (Persero) menyambangi KM Tatamailau, tempat isolasi terapung pasie Covid-19.

Penulis: Christian_Wayongkere | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere
Olih Masolich Sodikin Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni (Persero) saat menyambangi KM Tatamailau yang akan dijadikan tempat isolasi terapung pasien Covid 19 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Guna mempersiapkan dan mematangkan kapal PT Pelni menjadi tempat isolasi terapung pasien Covid 19 dari Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

PT Pelni mengutus Olih Masolich Sodikin Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni (Persero) melakukan pengecekan langsung dan rapat terbatas dengan Pemerintah Kota Bitung, Kabupaten Minut, jajaran kepelabuhanan dan forkopimda Bitung, Rabu (4/8/2021).

Ada beberapa kapal yang nantinya oleh PT Pelni akan dijadikan tempat isolasi terapung.

"Jadi sementara ini ada KM Umsini di Makassar, lalu di Bitung ada KM Tatamailau dengan kapasitas tempat tidur hampir 1.000 untuk operasional penumpang biasa. Untuk penggunaan para isoman nanti kurang lebih 50 persen dari ketersediaan," kata Olih Masolich Sodikin Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni (Persero).

Olih Masolich Sodikin Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni (Persero) saat menyambangi KM Tatamailau yang akan dijadikan tempat isolasi terapung pasien Covid 19
Olih Masolich Sodikin Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni (Persero) saat menyambangi KM Tatamailau yang akan dijadikan tempat isolasi terapung pasien Covid 19 (tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere)

Rapat terbatas (Ratas) berlangsung di ruang kafetaria KM Tatamailau satu diantara kapal yang di proyeksikan menjadi tempat isolasi terapung pasien Covid 19 di pimpin Joune Ganda Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Sekda Bitung Audy Pangemanan dan Stanislaus Wetik Kepala KSOP Bitung.

Menurut Olih Masolich Sodikin Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni (Persero), pihaknya bersama pemerintah daerah, forkopimda dan jajaran kepelabuhanan di Bitung merapakan barisan pasca diminta untuk menyiapkan kapal sebagai tempat isolasi pasien Covid 19.

Dengan hadirnya kapal PT Pelni sebagai tempat isolasi, Sodikin berharap ini sebagai satu diantara solusi atau jalan keluar menghadapi pandemi Covid 19 yang terjadi di negeri ini.

Sodikin menjelaskan, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) oleh Kementrian Perhubungan, diminta untuk menyiapkan kapal dan keberadaan KM Tatamailau sebagai satu sarana untuk para Isoman.

KM Tatamailau sendiri berada di demarga Bitung tengah port stay, di Pelabuhan Samudera Bitung.

Lanjut Sodikin dalam pelaksanaan isoman terapung di atas KM Tatamailau, pasien tidak hanya tidur-tiduran saja melainkan diberikan sejumlah treatment.

Seperti yang disampaikan Bupati Minut Joune Ganda selain isolasi diatas kapal bisa rekreasi, recovery dan trainning dalam arti bukan pelatihan cabang olahraga melainkan mereka yang isolasi akan menjadi agen-agen yang akan menerangkan ke orang lain atau saudaranya terkait dengan bagaimana penanganan covid 19 diatas kapal Pelni.

Sementara itu menurut Benny Lontoh Plt Asisten II Setda Kota Bitung, pihaknya bakal mengusulkan untuk di buat pembatasan bilik satu dengan bilik lainnya agar mempermudah petugas yang akan melakukan aktivitas seperti penyemprotan disinfektan dan lainnya.

Terkait dengan droping makanan dan minuman untuk para pasien dan tenaga kesehatan (nakes) diatas kapal, menurut Kalaks BPBD Bitung Robert Ruddy Wongkar akan diatur oleh masing-masing daerah.

"Jadi misalnya ada pasien dan nakes dari Bitung, kami akan droping keperluannya," kata Wongkar.

Lanjutnya, untuk pembiaan lainnya seperti fasilitas diatas kapal akan ditangani oleh kabupaten Minut dan Kota Bitung.

Joune Ganda Bupati Minut: Bisa Rekreasi diatas KM Tatamailau

Arti Mimpi Angin, Ternyata Punya Kaitan dengan Masalah Serius, Ini Tafsiran Lengkapnya

Apa Itu Vaksin Booster? Vaksinasi yang Diperuntukkan Bagi Tenaga Kesehatan

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved