Breaking News:

Kabar Korea Utara

Dubes RI Untuk Korea Utara dan Stafnya Tinggalkan Korut Lewat China

Mereka meninggalkan Korut lewat China. Sang Dubes bersama stafnya berada di Dandong, Provinsi Liaoning, China

Editor: Aldi Ponge
Foto istimewa
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah 

TRIBUNMANADO.CO.ID -- Duta Besar RI untuk Korea Utara bersama para staf kedubes meninggalkan negeri yang dipimpin oleh Kim Jong Un tersebut.  

Mereka meninggalkan Korut lewat China. Sang Dubes bersama stafnya berada di Dandong, Provinsi Liaoning, China sejak pada Jumat (23/7/2021).

Daerah ini yang terpisahkan oleh sungai dengan wilayah Korut.

Mereka akan menjalani karantina selama 14 hari di China sebelum bertolak menuju Indonesia

Rombongan KBRI Pyongyang yang meninggalkan negara tersebut menuju China lewat jalur darat.

Kepergian rombongan tersebut semakin mengurangi jumlah orang asing yang tinggal di ibu kota Korut tersebut.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI)  Teuku Faizasyah pada Minggu (25/7/2021) mengatakan saat ini para staf KBRI Pyongyang beserta Dubes RI untuk Korut tengah menjalani karantina di China selama 14 hari sebelum kembali ke Indonesia.

“Mereka sedang di karantina di RRT (China) selama 14 hari sejak tanggal 23 Juli. Sebelum kembali mereka akan jalani prosedur kesehatan terlebih dahulu,” ujarnya.

Kantor Berita Antara mengabarkan, rombongan diplomat tersebut tiba di Dandong, Provinsi Liaoning, China melalui jalur darat yang terpisahkan oleh sungai dengan wilayah Korea Utara pada Jumat (23/7).

Kemlu RI sebelumnya telah memutuskan untuk memulangkan duta besar serta diplomat dari Korea Utara sebagai respon atas langkah pengamanan atau lockdown akibat Covid-19 yang diberlakukan di negara itu.

Pemerintah Korea Utara sejak akhir tahun 2020 lalu telah mempersilahkan perwakilan asing untuk sementara waktu memindahkan atau memulangkan staf diplomatik asing atau perwakilan organisasi internasional dari negara itu.

Hal ini dikarenakan pemerintah negara itu telah memberlakukan lockdown dengan menutup akses lalu lintas orang dan barang.

"Kebijakan ini diberlakukan oleh pemerintah Korea Utara sejak awal pandemi hingga batas waktu yang belum ditentukan," jelasnya.

Sementara itu belum ada informasi lebih lanjut, apakah para staf KBRI Pyongyang akan divaksin sebelum kembali ke Indonesia atau pada saat ketibaan di Indonesia.

TAUTAN AWAL: 15 Staf KBRI Pyongyang Termasuk Dubes RI Tinggalkan Korea Utara Lewat China Akibat Lockdown

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved