Breaking News:

Vaksinasi Covid

Stok Vaksin Terbatas, Program Vaksinasi di Kabupaten Sitaro Melambat

Keterbatasan stok vaksin di gudang farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro menjadi penyebab melambatnya program nasional tersebut.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Wakil Bupati Sitaro John Palandung. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Program vaksinasi di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dipastikan akan melambat selang beberapa pekan kedepan.

Keterbatasan stok vaksin di gudang farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro menjadi penyebab melambatnya program nasional tersebut.

Meski akhir pekan lalu pemerintah daerah telah mendapatkan kirim 1.400 vaksin jenis Biofarma dan Astrazeneca dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, namun pasokan tersebut belum bisa mendorong percepatan pelaksanaan vaksinasi di bumi Karangetang Mandolokang Kolo-Kolo (Karamando).

Wakil Bupati Kepulauan Sitaro John Palandung mengatakan, kebutuhan vaksin untuk warga masyarakat yang masuk sasasaran vaksinasi masih sangat banyak.

Untuk itu, ia mengharapkan agar persoalan ini bisa menjadi atensi pemerintah pusat maupun Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

"Jadi kemarin dalam rapat bersama bapak presiden, semua (kepala daerah) menyampaikan soal ini (keterbatasan vaksin). Jadi bapak presiden mengatakan, semua dilakukan secara bertahap," kata Palandung, Jumat (23/7/2021).

Meski program vaksinasi di Kabupaten Sitaro akan melambat akibat keterbatasan stok vaksin, namun Palandung bilang masyarakat harus bersyukur karena sampai saat ini, Kabupaten Sitaro berada pada posisi ketiga se-Sulawesi Utara dalam progres vaksinasi.

"Kalau vaksinnya tersedia sesuai kebutuhan jumlah sasaran, kemungkinan sekitar September atau Oktober, kita sudah tuntas dengan program ini," ujarnya.

Sebelumnya, Pemkab Sitaro telah mengajukan permintaan vaksin ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Tak tanggung-tanggung, jumlah vaksin yang diminta mencapai 50.000 dosis untuk keperluan percepatan program vaksinasi di Kabupaten Sitaro.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved