Breaking News:

Berita Sulut

Soal Keterlambatan Pemberian Insentif Nakes, Pengamat Pemerintahan: Jangan di Politisasi

Pengamat Pemerintahan Sulut Jefry Paat mengatakan terkait keterlambatan pemberian insentif kepada Tenaga Kesehatan (Nakes)

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Chintya Rantung
Ryo Noor/Tribun Manado
Jefry Paat 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pengamat Pemerintahan Sulut Jefry Paat mengatakan terkait keterlambatan pemberian insentif kepada Tenaga Kesehatan (Nakes) sebenarnya disebabkan dari keragu-raguan pemerintah dalam menyalurkan insentif tersebut.

"Sekarang pemerintah baik Provinsi hingga Kabupaten/Kota agak takut untuk menyalurkan insentif bagi Nakes, mereka takut jangan sampai terjadi kesalahan dalam pemberian pembayaran, berkaca dari polemik sebelumnya," jelas Paat kepada Tribun Manado.

Paat mengatakan, keraguan-raguan ini sebenarnya menjadi alasan sehingga terjadi keterlambatan pembayaran, yaitu soal mekanisme dan Juknis pembayaran.

Padahal, menurut Paat itu sudah diatur dengan jelas oleh Kementerian terkait, yaitu Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian keuangan.

"Sehingga perlu adanya ketegasan dari Mendagri untuk mempercepat penyaluran insentif tersebut kepada Nakes, oleh pemerintah provinsi maupun di Kabupaten/kota," ujar Paat.

Ini juga, kata Paat, berlaku bagi bantuan sosial yang sementara disalurkan oleh pemerintah hingga saat ini.

Oleh karena itu, jangan sampai insentif dan bantuan tersebut di Politisasi oleh oknum-oknum pemerintah yang tidak bertanggungjawab.

"Jadi Juknisnya kan sudah jelas dari Kementrian pusat, kenapa harus dirubah atau disesuaikan lagi dengan Juknis pemerintah daerah, hal-hal inilah yang memperlambat penanganan pandemi di seluruh Indonesia karena tumpang tindih kebijakan yang tidak searah," pungkas Paat. (Mjr)

Baca juga: Cerita Friyustika Cewek Manado, Maknai Perayaan Idul Adha Tahun Ini

Baca juga: Presiden Jokowi Sholat Idul Adha 2021 di Istana Bogor, Anggota Paspampres Jadi Imam dan Khatib

Baca juga: Luhut Panjaitan Beber Alasan PPKM Darurat Diperpanjang, IDI Berikan Dukungan

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved