Breaking News:

Idul Adha 2021

Idul Adha, Jamaah Masjid Al-Jihad Ulu Siau Kabupaten Sitaro Siapkan Tujuh Ekor Sapi Kurban

Beragam persiapan mulai dilakukan oleh seluruh pengurus masjid, termasuk di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Persiapan menyambut hari raya Idul Adha di Masjid Al-Jihad Ulu Siau, Kabupaten Sitaro. 

TRIBUMANADO.CO ID, Manado - Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah ditetapkan jatuh pada tanggal 20 Juli 2021 mendatang.

Beragam persiapan mulai dilakukan oleh seluruh pengurus masjid, termasuk di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Ketua Badan Tak'mirul Masjid (BTM) Masjid Al-Jihad Ulu Siau, Junus Noe mengatakan, dalam menyambut hari penuh makna bagi kaum muslimin dan muslimah itu, pihak pengurus Masjid Al-Jihad telah mempersiakan berbagai keperluan, seperti halnya hewan kurban.

"Yang sudah diumumkan itu delapan ekor Sapi. Tujuh dari jamaah dan satu bantuan pemerintah daerah. Untuk kambing belum ada," ungkap Noe Minggu (18/7/2021).

Selanjutnya terkait pelaksanaan Shalat Idul Adha, Noe bilang pihaknya masih akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sitaro.

Hal ini diperlukan lantaran adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro di Sitaro.

"Sekarang ini kan masih situasi pandemi, makanya kami pengurus masjid akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah serta Satgas Covid-19 untuk keperluan perlaksanaan Shalat Idul Adha," ujar Noe.

Dia menambahkan, sebagai langkah antisipasi pembatasan jumlah jamaah dalam pelaksanaan Shalat Idul Adha, pengurus Masjid Al-Jihad menyiapkan beberapa skenario, di antaranya penggunaan TPI di depan Pasar Amper Ulu Siau serta jalan raya depan Masjid-Al Jihad sebagai lokasi Shalat Idul Adha.

"Kapasitas gedung masjid secara keseluruhan bisa menampung 200 jamaah.  Ketika ada pembatasan 50 persen, maka kami berencana menggunakan halaman TPI atau jalan raya di depan masjid agar bisa menampung seluruh jamaah untuk shalat berjamaah," terangnya.

Dia menambahkan, dalam peringatan hari-hari besar kegamaan seperti Idul Adha, pengurus masjid tidak bisa membendung keinginan jamaah dalam menjalankan Shalat Id.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved