Breaking News:

Penanganan Covid

Permintaan Oksigen dari RSUD Lapangan Sawang Kabupaten Sitaro Capai 15 hingga 20 Tabung per Hari

Oksigen medis menjadi salah satu kebutuhan utama bagi para pasien yang terinfeksi virus mematikan/.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Petugas Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Sitaro, Denis Tunduge. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Permintaan oksigen medis dari sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) khususnya Rumah Sakit di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mengalami peningkatan signifikan.

Kondisi ini terjadi seiring terus bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 yang kini sedang menjalani perawatan. 

Hal mana, oksigen medis menjadi salah satu kebutuhan utama bagi para pasien yang terinfeksi virus mematikan tersebut.

Menurut penuturan Denis Tunduge, petugas pada gudang farmasi Dinas Kesehatan Sitaro, permintaan tabung oksigen medis berukur besar mengalami peningkatan siginifikan, khususnya dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lapangan Sawang.

"Hampir setiap hari ada permintaan. Rata-rata antara 15 sampai 20 tabung per harinya," ungkap Tunduge kepada Tribunmanado.co.id, Kamis (15/7/2021).

Petugas Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Sitaro, Denis Tunduge.
Petugas Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Sitaro, Denis Tunduge. (tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses)

Dalam kondisi normal sebelum adanya wabah Covid-19, rata-rata permintaan tabung oksigen medis hanya tiga kali dalam seminggu.

Akan tetapi, kondisi berubah drastis setelah RSUD Lapangan Sawang harus menangani pasien pengidap virus corona. "Setiap hari pasti ada permintaan.

Untuk stok hari minggu, biasanya kami sudah menyiapkan lebih untuk antisipasi," lanjutnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, dr Semuel Raule mengungkapkan ketersediaan pasokan oksigen di Kabupaten Kepulauan Sitaro terbilang memadai pasca diadakannya mesin produksi oksigen medis oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan.

"Kebetulan kita sudah mengantisipasi itu dari awal. Ada mesin pembuat oksigen yang sudah kita miliki. Memang cukup mahal harganya, tetapi sangat bermanfaat," ungkap Raule beberapa waktu lalu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved