Breaking News:

Berita Mitra

Pemkab Mitra Seriusi Bahaya Narkoba dan Pentingnya Wawasan Kebangsaan

Pemahaman soal wawasan kebangsaan dan bahaya narkoba terus jadi perhatian Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra)

Penulis: Kharisma Kurama | Editor: Chintya Rantung
Ist/Kesbangpol Mitra
Suasana Sosialisasi di Desa Esandom Dua. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemahaman soal wawasan kebangsaan dan bahaya narkoba terus jadi perhatian Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Itu terlihat dari berbagai upaya yang terus digencarkan.

Salah satunya yang dilakukan Badan Kesbangpol dengan menyosialisasikan Empat Konsensus Berbangsa dan Bernegara, Wawasan Kebangsaan, Pengamalan Pancasila (45 butir) dan Penyuluhan Narkoba di kecamatan Tombatu Timur, tepatnya di Desa Esandom Dua, Senin (12/7/2021).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pheibe Punuindoong melalui Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan, Ketahanan Ekonomi, Sosial Ekonomi, Budaya dan Agama, Dolly Marentek menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi seluruh elemen masyarakat.

"Tentunya sangat penting untuk terus disampai-sampaikan kepada warga, melalui Pemerintah Desa (pemdes) untuk dapat menjadi contoh dan teladan, apalagi saat ini banyak yang tidak mampu mengamalkan teks Pancasila dan melalui kegiatan ini kami harap supaya warga bisa danengamalkan Pancasila,"ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Winny Owu ketika bersama-sama dalam kegiatan tersebut memintakan agar Pemdes wajib mendeteksi sedini mungkin setiap aktifitas warga yang masuk keluar desa.

"Apalagi kalau ada pendatang dari luar desa yang tidak jelas asal usulnya, wajib mengambil ketegasan dan melaporkan ke aparat Babinsa dan Babinkamtibmas serta mampu meminimalisir akan adanya konflik," tukasnya.

Ditambahkan, Pelaksana Bidang Wawasan Kebangsaan Nouke Langi yang juga didampingi Kepala sub bidang Penanganan konflik Leidi Lumantow bahwa selain apa yang sudah disampaikan kepala bidang terkait pengamalan Pancasila serta ancaman dari orang yang tidak dikenal maka sangat perlu juga waspada dengan gerakkan orang-orang yang merong-rong NKRI.

"ini merupakan tangung jawab kita bersama, waspada juga terhadap Narkoba jangan sekali-sekali menyentuh barang tersebut, pemdes garda terdepan semoga di Kabupaten Mitra khusunya Kec Tombatu Timur dan Desa Esandom Dua mampu meminimalisirnya,"terangnya.

Untuk itu, Pemerintah Desa Esandom Dua melalui Hukum Tua Jopie Dumondor yang didampingi Ketua BPD Stin Lasik menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada badan Kesbangpol Mitra yang sudah datang memberikan wawasan terkait pengamalan Pancasila dan bahayanya Narkoba.

"Ini sudah pasti kami akan himbau-himbaukan kepada warga demi keselangsung kehidupan yang aman tentram dan nyaman dengan tidak adanya hal-hal yang buruk apalagi konflik,"tutur keduanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved