Breaking News:

Apa Itu

Apa Itu Tocilizumab? Obat Covid-19 yang Harganya Capai Jutaan Rupiah, Banyak Selamatkan Nyawa Pasien

Interleukin 6 merupakan sitokin protein yang menjadi mediator utama inflamasi dan respons imun berlebih yang menyebabkan peradangan hebat dalam tubuh

Editor: Gryfid Talumedun
Tabloid Jubi
Ilustrasi Obat-obatan, Apa Itu Tocilizumab? Obat Covid-19 yang Harganya Capai Jutaan Rupiah, Banyak Selamatkan Nyawa Pasien 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Apa Itu Tocilizumab?

Tocilizumab disebut-sebut merupakan Obat Covid-19 yang Harganya Capai Jutaan Rupiah?

Beragam obat banyak digunakan untuk pengobatan pasien Covid-19.

Update Kasus Virus Corona Jumat 2 Juli 2021 di Dunia, Lengkap Jumlah Pasien Sembuh dan Meninggal

Ilustrasi obat <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/tocilizumab' title='tocilizumab'>tocilizumab</a> menjadi salah satu obat untuk terapi Covid-19. Obat antibodi <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/monoklonal' title='monoklonal'>monoklonal</a> ini sangat mahal, seharga jutaan rupiah. Obat actemra tersebut biasanya dipakai oleh penderita rheumatoid arthritis, penyakit autoimun persendian dan digunakan pada pasien Covid-19 dengan badai sitokin.

Salah satu yang sedang ramai adalah Tocilizumab, obat Covid-19 yang dijual dengan merek dagang Actemra seharga jutaan rupiah.

Disebut bisa menyelamatkan nyawa pasien Covid-19, apa itu obat tocilizumab?

Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt, mengatakan tocilizumab adalah obat antibodi monoklonal dan merupakan anti interleukin 6.

Interleukin 6 merupakan sitokin protein yang menjadi mediator utama inflamasi dan respons imun berlebih yang menyebabkan peradangan hebat dalam tubuh yang biasa dikenal sebagai badai sitokin.

"Terutama pada pasien Covid-19 yang berat, biasanya terjadi badai sitokin, dan sitokin itu ada berbagai macam, salah satunya yang sering muncul adalah interleukin 6," kata Prof Zullies saat dihubungi Kompas.com, Jumat (2/7/2021).

Sebelum menjadi salah obat Covid-19, Prof Zullies mengungkapkan bahwa sebenarnya obat Tocilizumab biasanya digunakan pada orang dengan penyakit rheumatoid arthritis, yakni penyakit autoimun yang menyerang persendian.

Jadi Sorotan, Indonesia Tempati Urut 5 dengan Kasus Harian Tertinggi di Dunia, Meningkat Awal Juni

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved