Berita Bitung

Warga Kumersot Bitung Bakal Nikmati Jalan Pertanian yang Dibuat TNI

300 KK di Kumersot berprofesi sebagai petani dan berkebun, tersebar tinggal di lingkungan 1, 2 dan 3 serta 9 RT.

tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere
Foto pengerjaan jalan industri pertanian. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Tak lama lagi, 300an kepala keluarga (KK) dari total 394 KK di Kelurahan Kumersot Kecamatan Ranowulu, Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bakal menikmati jalan pertanian.

300 KK di Kumersot berprofesi sebagai petani dan berkebun, tersebar tinggal di lingkungan 1, 2 dan 3 serta 9 RT.

Kelurahan Kumersot, menjadi lokasi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 tahun anggaran 2021 oleh Kodim 1310 Bitung.

Terkait dengan jalan perkebunan, di TMMD ke 111 sasaran satuan tugas (Satgas) utama adalah program fisik, perintisan dan pembuatan trase jalan industri pertanian.

Dengan panjang 4.250 dengan lebar 6 meter, dimana progres hingga hari ke 14 pelaksanaam TMMD ke 111 sudah masuk tahap pengerasan.

Perintisan dan pembuatan trase jalan industri pertanian dengan panjang 4.250 dengan lebar 6 meter, sudah berlangsung sejak pra TMMD ke 111 di awal Juni 2021.

Foto pengerjaan jalan industri pertanian.
Foto pengerjaan jalan industri pertanian. (tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere)

Dan TMMD ke 111 secara resmi dibuka pada Selasa (15/6/2021).

Keberadaan jalan perkebunan, sudah bertahun-tahun diinginkan warga Kumersot yang 90 persen berprofesi berkebun dan bertani.

Dengan kondisi jalan sebelum di rintis, berpasir dan bercampur tanah. 

Membuat warga kesulitan melaluinya, menggunakan motor yang sudah di modifikasi dan pedati atau roda sapi.

Warga harus bersusah dan kesulitan untuk mengangkut hasil-hasil pertanian mereka dari kebun ke pemukiman karena akses jalan sempit sempit.

Menurut Dandim 1310 Bitung Letkol Inf Benny Lesmana yang juga Komandan Satgas (Dansatgas) TMMD ke 111, dengan kondisi jalan sebelum di rintis.

Warga bisa dua sampai tiga kali saat beraktifitas di kebun, sehingga ketika sudah ada jalan rintisan bisa memangkas waktu dan jarak serta biaya warga si petani.

"Masyarakat di sana sangat senang dengan pembuatan jalan lewat program TMMD ini, bahkan meminta agar bisa tembus ke desa Klabat Kabupaten Minut," kata Letkol Inf Benny Lesmana Dandim 1310 Bitung, Senin (28/6/2021).

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved