Breaking News:

Berita Bolmut

Bupati Depri Pontoh Tekankan Pentingnya Program Kependudukan dan Keluarga Berencana di Bolmut

Bupati Bolaang Mongondow Utara Depri Pontoh membuka kegiatan Pelayanan Keluarga Berencana Gratis

Penulis: Majer Lumantow | Editor: David_Kusuma
Tribun Manado / Mejer Lumantow
Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh membuka kegiatan Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Gratis dalam rangka menyambut Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2021 di Kabupaten Bolmut. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh membuka kegiatan Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Gratis dalam rangka menyambut Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2021 di Kabupaten Bolmut.

Kegiatan pelayanan KB tersebut dilaksanakan dihalaman Puskesmas Bolangitang, Kamis (24/6/2021).

Diketahui, kegiatan ini juga merupakan kerja sama TNI-Polri, Dinas Kesehatan, IBI, PKK, Dharma Wanita, Adhyaksa, KIAD, Bhayangkari, Persit dan Puskesmas, dengan sasaran pelayanan KB gratis sejuta akseptor yang bertujuan untuk menyelaraskan pertumbuhan ekonomi dengan jumlah penduduk.

Bupati Bolmut Depri Pontoh menyampaikan bahwa diberbagai kesempatan selaku Pemerintah Daerah saya selalu menekankan pentingnya program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, utamanya pengendalian jumlah penduduk menjadi sangat penting ditinjau dari berbagai sudut pandang.

Baca juga: DPP Golkar Tunjuk Sulhan Manggabarani Jadi Pewaris Kursi Abdul Kadir Mangkat di DPRD Bolmong 

“Dari sisi kesejateraan rakyat, pertumbuhan ekonomi yang dicapai tidak akan memberikan dampak positif yang berarti jika pertumbuhan penduduk juga tak terkendali,” ungkap Bupati.

Dikatakannya, dari sisi permasalahan sosial, kesehatan dan pendidikan, jumlah penduduk yang besar akan menimbulkan permasalahan, mulai dari pemukiman, lapangan kerja, keamanan, gizi buruk, serta berbagai masalah lain yang bersumber pada jumlah.

Oleh karena itu, Bupati Depri Pontoh menekankan, program Keluarga Berencana berperan penting sebagai pengelola, penggerak, pengendalian memberdayakan serta memberikan pendekatan kepada masyarakat untuk meningkatkan pencapaian pengendalian program KB. 

"Kebijakan Keluarga Berencana ini juga bertujuan untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk melalui usaha penurunan tingkat kelahiran," terang Bupati.

Di samping itu, menyambut Harganas Ke-28 tanggal 29 juni, pelayanan KB gratis sejuta akseptor yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, dimana Kabupaten Bolmut mendapatkan target capaian yaitu 589 akseptor dari BKKBN Provinsi Sulawesi Utara, yang terdiri atas 101 Aksperktor Implan dan IUD, 143 Akspektor suntikan dan 345 Akspektor.

“Kegiatan ini memiliki makna yang berarti bagi peningkatan cakupan pelayanan KB bagi seluruh keluarga terutama bagi keluarga pra sejahtera maupun keluarga yang kurang mampu di Kabupaten Bolmut,” pungkas Bupati Bolmut. (Mjr)

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved