Breaking News:

Penanganan Covid

Melihat Penerapan PPKM Skala Mikro di Kelurahan Paseng Kabupaten Sitaro

Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang berbasis skala mikro (PPKM Mikro)

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: David_Kusuma
Octavian Hermanses
Posko Satgas Penanganan Covid-19 Kelurahan Paseng Kecamatan Siau Barat Kabupaten Sitaro. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang berbasis skala mikro (PPKM Mikro) hingga tingkat RT/RW untuk pengendalian Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Langkah ini sebagaimana yang diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 03 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan PPKM Mikro dan Pembentukan Posko di Tingkat Desa/Kelurahan.

Hal ini pun langsung ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) termasuk Kelurahan Paseng Kecamatan Siau Barat (Sibar).

Di mana dalam pelaksanaanya, pemerintah setempat mempedomani berbagai ketentuan yang diatur pemerintah, khususnya yang termuat dalam Surat Edaran Bupati Nomor 12/SE/III-2021 tentang Pengaturan Pemberlakuan Kegiatan Dalam Rangka Pengendalian dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sitaro.

Baca juga: Kabasaran Kalahkan Covid-19, Kreativitas Milenial BMMU Minut 

Kepala Kelurahan Paseng, Alfred Kasehung mengatakan, dalam pelaksanaanya, Pemerintah Kelurahan menyiagakan dua tim di Posko Satgas Penanganan Covid-19.

"Tim ini rutin turun ke setiap lindongan untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan sekaligus memberikan edukasi terhadap masyarakat yang masih abai dengan prokes," kata Kasehung, Senin (21/6/2021).

Apabila ada masyarakat atau kelompok tertentu yang ingin menyelenggarakan acara atau kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, pihak penyelenggaran diwajibkan membuat permohonan kepada pemerintah kelurahan dan dilanjutkan kepada pemerintah kecamatan guna memperoleh rekomendasi pengurusan izin keramaian dari kepolisian.

"Satgas Penanganan Covid-19 Kelurahan Paseng akan melakukan pengawasan ketat terhadap hajatan tersebut, mulai dari persiapan acara sampai selesai.

Kami turun langsung mengawasi termasuk pengaturan jarak tempat duduk hingga kelengkapan sarana tempat cuci tangan dan petugas peneriksa suhu tubuh," lanjutnya.

Khusus untuk pelaku perjalanan yang datang dari luar daerah, Satgas Kelurahan Paseng mewajibkan kepada yang bersangkutan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah kerabat yang dikunjungi di Kelurahan Paseng.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved