Breaking News:

Jenderal Listyo Fokus Berantas Pungli, Instruksikan Seluruh Kapolda Bersihkan Premanisme dan Pungli

Jenderal Listyo Fokus Berantas Pungli, Instruksikan Kapolda Bersihkan Premanisme dan Pungli

Editor: Aswin_Lumintang
tribunnews.com
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo disinggung Komisi II DPR RI karena serangan teror KKB yang semakin leluasa di Papua. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Menjadi seorang Presiden benar-benar disegani bawahan dan masyarakat. Itulah yang dipraktekkan Presiden Joko Widodo yang menelepon

Telepon singkat Presiden Jokowi ke Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mengeluhkan pungli di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta membuahkan hasJenderal Listyo Fokus Berantas Pungli, Instruksikan Kapolda Bersihkan Premanisme dan Pungliil.

Hanya dalam hitungan jam setelah telepon itu, sejumlah pelaku pungli di sekitar Tanjung Priok ditangkap polisi.

Bahkan empat hari berlalu ribuan preman dan pelaku pungli telah ditangkap polisi.

Ilustrasi oknum polisi bingung
Ilustrasi oknum polisi bingung (via Today Line)

Sejak saat itu, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan jajaran melakukan penegakan hukum selama empat hari dan telah membekuk 3.823 orang terlibat tindak pidana premanisme dan pungutan liar (pungli).

"Penindakan premanisme data cukup banyak, beberapa polda melakukan penangkapan terhadap mereka-mereka ini, sudah ada jumlahnya," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Gedung Humas Polri, Jakarta, Selasa (15/6/2021).

 
Rusdi memastikan, seluruh polda menjalankan instruksi Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menindak tegas premanisme sesuai dengan permintaan Presiden, Joko Widodo.

Lebih lanjut Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Kombes Pol Ahmad Ramadhan menjelaskan, operasi premanisme dan pungli dilaksanakan dari tanggal 11 sampai dengan 14 Juni 2021 di 1.368 titik lokasi.

"Terdapat enam polda yang melaksanakan operasi premanisme dan pungli, Polda Jawa Tengah yang terbanyak jumlah pelaku yang ditindak," kata Ramadhan.

- Polda Jawa Tengah menindak 922 orang terdiri atas 449 pelaku premanisme dan 473 pelaku pungli.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved