Breaking News:

Berita Sitaro

Wabup Sitaro John Palandung Ikut Workshop Koordinasi, Integrasi dan Sinkronisasi Kebijakan Otda

BPPD) Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan Workshop Koordinasi, Integrasi dan Singkronisasi Kebijakan Otonomi Daerah (Otda), Jumat (11/06/2021).

Penulis: Octavian Hermanses
Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Suasana pelaksanaan workshop yang berlangsung di auditorium kantor bupati. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan Workshop Koordinasi, Integrasi dan Singkronisasi Kebijakan Otonomi Daerah (Otda), Jumat (11/06/2021).

Kegiatan yang berlangsung di auditorium kantor bupati itu bertujuan untuk membangun serta merumuskan langkah dari tingkat desa hingga provinsi dalam hal usulan-usulan super prioritas bagi Kecamatan Lokasi Prioritas (Lokpri) dalam hal ini Kecamatan Siau Barat.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati John Palandung menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang memberikan perhatikan khusus kepada Kabupaten Kepulauan Sitaro sebagai salah satu daerah perbatasan atas keberadaan Pulau Makalehi sebagai pulau terluar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pelaksanaan workshop ini bisa menjadi wadah bagi pemerintah daerah untuk menyampaikan suara aspirasi kita dalam sebuah singkronisasi," kata Palandung.

Dia menjelaskan, kehadiran BPPD Provinsi Sulawesi Utara dalam rangka menghimpun perencanaan yang telah disusun untuk disingkronisasi dan diintegrasikan, sehingga menjadi panduan bersama bagi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

"Harapan pemerintah daerah agar kiranya pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berkenan membantu dalam pembangunan kawasan perbatasan di daerah kami," harap Palandung.

Sementara itu, Kepala BPPD Provinsi Sulawesi Utara, Djemi Gaghola yang membuka jalannya kegiatan workshop menerangkan tujuan dan sasaran kegiatan dimaksud.

"Bahwa maksud dan sasaran dari pelaksanaan workshop ini adalah kita duduk bersama membangun, merumuskan, teristimewa menyatu padukan langkah kita, mulai dari tingkat desa sampai tingkat provinsi. Minimal kita satu data, kita satu perencanaan, kita satu bahasa untuk sama-sama mengajukan usulan - usulan super prioritas dari prioritas yang ada di Kecamatan Lokasi Prioritas Kecamatan Siau Barat," jelas Gaghola.

Ia menyebut, terdapat empat belas Kecamatan Lokpri di Sulawesi Utara, termasuk Kecamatan Siau Barat dengan pulau terluar yaitu Pulau Makalehi.

"Semua kecamatan yang mengelola pulau terluar itulah yang menjadi prioritas amanat RPJMN. Semua pemangku kepentingan mulai dari pemerintah pusat sampai daerah hingga pihak swasta terus bersinergi dan bersama dalam mengoptimalkan segala potensi di daerah," kuncinya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved