Breaking News:

Tribun Travel

Mengunjungi Gua Tengkorak Totombatu di Talaud, Diyakini Asal Muasal Suku Talaud

Kontributor Tribunmanado.co.id mendatangi salah satu tempat bersejarah, Goa Totombatu yang dikenal dengan Goa Tengkorak

Penulis: Ivent Mamentiwalo | Editor: David_Kusuma
Ivent Mamentiwalo
Gua Tengkorak di Talaud 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Dengan menggunakan kendaraan roda dua dari Melonguane, Ibukota Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, kontributor Tribunmanado.co.id dan beberapa teman jurnalis mendatangi salah satu tempat bersejarah, Gua Totombatu yang dikenal dengan Gua Tengkorak.

Gua Totombatu merupakan sebuah gua batu unik berisi kumpulan tengkorak manusia, lokasi tersebut berada di bibir pantai di ujung selatan Desa Tarohan Kecamatan Beo Selatan, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara .

Kabupaten Kepulauan Talaud adalah sebuah kabupaten kepulauan di ujung utara Pulau Sulawesi yang berbatasan dengan Pulau Mindanao di Filipina. 

Gua ini berada di atas sebuah bukit batu kecil setinggi kurang lebih 8 meter, yang menjorok ke arah laut sejauh lima puluh meter.

Hal menarik dari tempat ini adalah struktur batu yang membentuk gua ini sangat beragam, yaitu terdiri dari bebatuan karang, batuan kapur dan batu-batu tua yang penuh retakan.

Di antara gugusan yang menjorok itu terdapat cekungan-cekungan membentuk gua yang beberapa di antaranya membentuk lubang besar, sehingga bisa dilalui oleh lebih dari satu tubuh manusia.

Di bagian atas struktur bukit batu itu ditumbuhi berbagai pepohonan dan perdu khas daerah pantai.

Baca juga: Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Kabupaten Talaud, Warga Dihimbau tetap Waspada

Pada salah satu kumpulan perdu rimbun di puncak bukit batu itulah terdapat gua yang menyimpan 33 tengkorak kepala dan tulang-belulang manusia.

Dari tempat ini kita bisa melihat Pulau Salibabu, Pulau Nusa di tanjung Lobo dan Cekungan Pelabuhan Beo.

Konon, menurut tuturan penduduk setempat, dahulu kala terdapat sebuah dataran tinggi bernama Tarapahan, yang artinya gunung sembilan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved