Breaking News:

Berita Sitaro

Usaha Editje Tampil Mewujudkan Desa Pangirolong Sebagai Kampung Bunga di Sitaro

Menanam dan merawat berbagai macam bunga maupun tanaman hias merupakan hobi Editje Tampil.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: David_Kusuma
Octavian Hermanses
Editje Tampil 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Menanam dan merawat berbagai macam bunga maupun tanaman hias merupakan hobi Editje Tampil.

istri dari Kepala Desa (Kapitalau) Pangirolong Kecamatan Siau Timur Selatan (Sitimsel) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Herbed Dalawa.

Hobi ini pun berbuah manis dengan didirikannya rumah untuk beragam macam bunga di pekarangan rumah milik Editje Tampil.

Hal mana kebiasaan ini langsung menuai dukungan dari Camat Sitimsel, Buyung Mangangue yang mendorong agar usaha tersebut dikembangkan dan menjadikan Pangirolong sebagai Kampung Bunga di Sitaro.

Baca juga: Dapat Modal dari BRI Manado, Begini Respons Kelompok Wanita Tani Pembudidaya Bunga Tomohon

Menurut Editje Tampil, pasca menerima masukan dari Camat Sitimsel Buyung Mangangue, pihaknya langsung tancap gas dengan menambah koleksi bunga dan tanaman hias yang ada, termasuk memaksimalkan proses perawatan.

"Kami juga sudah mensosialisasikan ini ke masyarakat Kampung Pangirolong, khususnya para ibu-ibu rumah tangga," ujar Tampil, Senin (07/06/2021).

Hasilnya, lanjut Tampil, beberapa rumah tangga yang ada di Kampung Pangirolong sudah mulai melakoni usaha menanam dan merawat bermacam jenis bunga maupun tanaman hias.

"Selain saya, sudah ada beberapa rumah yang mengoleksi bunga hias seperti ini," ujar wanita yang berprofesi sebagai Guru di SMP 1 Sitimsel itu.

Untuk memantapkan upaya dalam menjadikan Pangirolong sebagai Kampung Bunga, dirinya sebagai Ketua TP-PKK Kampung Pangirolong berencana membentuk suatu kelompok atau komunitas yang khusus menangani perawatan bunga.

"Nantinya kedepan, kita bisa kembangkan ini menjadi peluang usaha bagi masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga. Intinya, saya akan berupaya agar mayoritas rumah-rumah yang ada di Pangirolong ini memiliki rumah bunga di pekarangan masing-masing," terang Tampil.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved