Breaking News:

Apa Itu

Apa Itu Gas Radon? Disebut bisa Deteksi dan Prediksi Akan Terjadi Gempa, Berikut Bahayanya

Gas radon dan level air tanah menjadi parameter alat deteksi gempa atau Early Warning System yang dikembangkan peneliti UGM

Editor: Gryfid Talumedun
Foto istimewa
Apa Itu Gas Radon? Disebut bisa Deteksi dan Prediksi Akan Terjadi Gempa, Berikut Bahayanya 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Apa itu gas radon?

Gas radon biasa terdeteksi di negara dengan empat musim, seperti Jepang.

Selain itu, gas radon, jika terakumulasi di kamar bisa berbahaya bagi kesehatan, salah satunya dapat menyebabkan kanker.

Gas radon dan level air tanah menjadi parameter alat deteksi gempa atau Early Warning System (EWS) yang dikembangkan peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM), dalam mendeteksi kemungkinan gempa bumi yang akan terjadi.

Apa Itu Hipospadia? Kelainan yang Sering Ditemukan pada Bayi Laki-laki, Apa Penyebabnya?

Alat deteksi gempa, Early Warning System (EWS) yang dikembangkan peneliti UGM. Alat ini memanfaatkan gejolak perubahan konsentrasi gas radon dan level air tanah untuk memprediksi terjadinya <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/gempa-bumi' title='gempa bumi'>gempa bumi</a> beberapa hari sebelum bencana terjadi.

Ketua Tim Peneliti Sistem Peringatan Dini (EWS) Gempa UGM dan tim riset Laboratorium Sistem Sensor dan Telekontrol Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika UGM, Prof. Ir. Sunarno, M.Eng., Ph.D., mengungkapkan bahwa gejolak perubahan konsentrasi gas radon dan level air tanah dapat menjadi petunjuk alam akan potensi terjadinya gempa bumi.

Menjelaskan korelasi atau hubungan antara gas radon dan air tanah yang menjadi dasar alat prediksi gempa, EWS tersebut, Prof Sunarno mengungkapkan bahwa itu berdasarkan pengalaman studinya di Jepang.

"Waktu kuliah S3 di Jepang, tahun 1995, terjadi gempa Kobe. Kebetulan saat itu saya meneliti tentang nuklir. Waktu itu, koran-koran di Jepang memberitakan tentang gas radon yang banyak keluar dari tanah," kata Prof Sunarno saat dihubungi Kompas.com, Kamis (3/6/2021).

Fenomena kemunculan gas radon tersebut, awalnya tidak disadari sebagai tanda awal peringatan dini bencana gempa bumi, hingga terjadinya gempa besar yang melanda Kobe.

Apa itu gas radon?

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved