Breaking News:

Berita Bitung

Himbauan Tertib Berlalulintas Tak Henti-Henti Digalakkan Kepolisian di Bitung

Kasat Lantas Polres Bitung AKP Awaludin Puhi SIK kembali menghimbau kepada pengguna kendaraan bermotor di Kota Bitung.

tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere
AKP Awaludin Puhi SIK Kasatlantas Polres Bitung. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pasca insiden kecelakaan lalulintas, yang menyebabkan empat orang remaja meninggal dunia, Kasat Lantas Polres Bitung AKP Awaludin Puhi SIK kembali menghimbau kepada pengguna kendaraan bermotor di Kota Bitung.

Agar menaati dan harus melaksanakan yang namanya disiplin dalam berlalu lintas.

Seperti berkendara motor harus memakai helm, tidak berboncengan lebih, ada kaca spion, lengkap surat- surat kendaraan, tidak knalpot racing serta protokol kesehatan.

Begitu juga dengan pengendara mobil. "Kami kembali tegas bukan nanti sudah ada kejadian kecelakaan lalulintas hingga ada korban, setiap hari kami sudah dan selalu sampai-sampaikan kepada masyarakat untuk patuh dan taat aturan ketika berlalu lintas," kata Awaludin Puhi, Selasa (1/6/2021).

Awaludin menerangkan, terkait dengan tertib berlalu lintas pihaknya tengah mematangkan pembentukan pilot project Kelurahan Tertib Lalulintas di Kelurahan Batuputih Atas dan Batuputih Bawah Kecamatan Ranowulu Kota Bitung.

Dimana, saat ini sudah sampai di melakukan pemetaan serta melakukan penelitian apa yang permasalahan yang terjadi di dua kelurahan itu.

Cara yang dilakukan mulai dari petugas Satlantas Polres Bitung bersama pemerintah setempat mendatangi rumah warga yang kendaraan motor pakai knalpot tidak standart alias racing, himbauan secara persuasif kepada pengguna kendaraan motor dan mobil agar tidak pakai knalpot racing.

Mematuhi aturan dalam berlalu lintas secara baik dan benar di jalan, demi terciptanya Kamseltibcar Lantas yang amat, tertib dan kondusif.

"Dengan ini bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan yang berdampak pada kerugian baik korban jiwa maupun korban meteril yang banyak," tegasnya Awaludin.

Tak berhenti disitu, pihaknya melakukan melakukan penindakan secara hunting terhadap pelaku pelanggar lalulintas yang ditemukan khususnya pengguna motor yang pakai knalpot racing.

Lewat cara persuasif petugas satlantas Polres Bitung meminta pemilik motor melepas knalpotnya dan mengganti dengan knalpot yang standart.

Knalpot racing di situ ke pemerintah Kelurahan guna proses hukum lebih lanjut, dengan cara akan di musnakan.

"Terhadap pelanggar di Kelurahan yang menjadi pilot project kelurahan Tertib Lalulintas tidak kami berkan tindakan sanksi hukum berupa tilang akan tetapi hanya berupa tindakan pengguna knalpot. Ini juga bagian dari kesepakatan hasil rapat bersama pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama pada Kamis (27/5/2021)," kata dia. (crz)

Pemkab Sitaro Ikuti Upacara Peringatan Hari Pancasila Secara Virtual

Pelantikan DPC Gerkatin Manado, Marcel Berharap Tuna Rungu Bisa Terjun ke Dunia Usaha Mandiri

Pelantikan DPC Gerkatin Manado, Marcel Berharap Tuna Rungu Bisa Terjun ke Dunia Usaha Mandiri

3 Berita Populer Selebriti Hari ini, Kabar Malinda Dee hingga Sosok Faisal Harris

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved