Breaking News:

Berita Sitaro

Pemkab Sitaro Ikuti Upacara Peringatan Hari Pancasila Secara Virtual

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021.

tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Jajaran Pemkab dan Forkopimda Sitaro saat mengikuti jalannya upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 ini secara virtual, Selasa (01/06/2021).

Acara yang berlangsung di auditorium kantor bupati itu dihadiri langsung Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen, Wakil Bupati John Palandung, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua DPRD Djon Janis, Sekretaris Daerah Herry Bogar bersama para Asisten Sekda serta pimpinan OPD dan Camat di lingkungan pemerintah daerah.

Upacara yang terpusat di Istana Kepresidenan Bogor ini dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang tampil sebagai Inspektur Upacara.

Dalam arahannya, Jokowi mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan Pancasila sebagai fondasi utama dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berkeindonesiaan.

Di mana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi lanskap kontestasi idiologi.

“Saudara-saudara sebangsa dan setanah air menghadapi semua perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Diperlukan cara-cara baru yang luar biasa. Memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0,” kata Jokowi dalam amanatnya.

“Dan sekaligus Pancasila harus jadi pondasi utama dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeindonesiaan,” timpalnya.

Selain itu, Jokowi juga mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum professional generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang dicita-citakan.

“Selamat memperingati hari Pancasila. Selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ungkap presiden.

Kesempatan itu juga, tampil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo yang membacakan teks Pancasila serta Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani membacakan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Halaman
12
Penulis: Octavian Hermanses
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved