Breaking News:

DPRD Sitaro

32 Item Pokok Pikiran DPRD Sitaro untuk RKPD Tahun 2022

DPRD Sitaro mengajukan pokok-pokok pikiran (pokir) sebagai saran dan pendapat bagi pemerintah daerah

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: David_Kusuma
Octavian Hermanses
Ketua DPRD Sitaro, Djon Janis 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2022 beberapa waktu lalu, DPRD Sitaro mengajukan pokok-pokok pikiran (pokir) sebagai saran dan pendapat bagi pemerintah daerah.

Di mana pokir yang memuat sekira 32 item ini merupakan hasil reses atau penjaringan aspirasi masyarakat oleh para legislator.

Ketua DPRD Sitaro, Djon Janis mengatakan, penyampaian pokir sejalan dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 pasal 78 ayat 2 yang menyebutkan bahwa, dalam rancangan awal RKPD, DPRD menyampaikan saran pendapat dalam bentuk pokok pikiran.

"Pesan DPRD dalam Musrenbang agar RKPD tahun 2022 mengacu pada perubahan RPJMD yang telah ditetapkan dengan Perda Nomor 6 dan renstra perangkat daerah," kata Janis, Kamis (27/05/2021).

Baca juga: Seminar Nasional dan Bedah Buku Pergerakan Tanpa Batas, Maurits Mantiri Sebut Istilah Pentaheix

"Sehingga apa yang menjadi visi misi, tujuan dan sasaran arah kebijakan bupati dan wakil bupati periode 2018-2023 dapat tercapai," timpalnya.

Lanjut kata Janis, program-program perangkat daerah harus menunjang perwujudan prioritas.

Di samping itu, pemerintah daerah juga wajib program kegiatan dan sub kegiatan urusan pemenuhan urusan sesuai standar pelayanan minimal.

"Meliputi urusan pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan rakyat dan penataan permukiman, ketertiban dan ketentraman umum serta perlindungan masyarakat dan sosial," urainya.

Adapun 32 item pokir yang disampaikan DPRD meliputi penuntasan jalan lingkar utara Pulau Siau, pengembangan boulevard Ondong dan Tagulandang, peningkatan jalan lingkar selatan Pulau Tagulandang, peningkatan sarpras Puskesmas dan Rumah Sakit, peningkatan sarpras SD dan SMP.

Selanjutnya DPRD Sitaro meminta pengembangan destinasi wisata unggulan, pembukaan lahan baru pertanian untuk ketahanan pangan, pembangunan rumah tinggal layak huni.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved