Breaking News:

Berita Tomohon

Selangkah Lagi RSUD Anugerah Tomohon Bakal Jadi BLUD

"Pemerintah kota Tomohon akan meningkatkan status RSUD Anugerah sebagai BLUD," kata Wali Kota Tomohon Caroll Senduk.

Istimewa/Humas Pemkot Tomohon
Wali Kota Tomohon Caroll Senduk bersama rombongan saat konsultasi di Kemendagri, Senin (24/5/2021) kemarin. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado -- Pemerintah Kota Tomohon terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anugerah Tomohon.

Salah satunya dengan meningkatkan status RSUD menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

"Pemerintah kota Tomohon akan meningkatkan status RSUD Anugerah sebagai BLUD. Hal ini tentunya dilakukan semata-mata untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Wali Kota Tomohon Caroll Senduk, Selasa (25/5/2021).

"Selain itu pengelolaan keuangan RSUD juga akan semakin baik dan fleksibel serta pengelolanya diarahkan untuk lebih kreatif, inovatif dan adaptif," sambungnya.

Seperti diketahui Wali Kota Caroll Senduk baru saja melaksanakan Konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Senin (24/5/2021) kemarin. Tujuan Konsultasi ini dalam rangka membahas tentang BLUD.

Wali Kota didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Tomohon dr Deesje Liuw, Kepala Puskesmas Kakaskasen drg Jeand'arc F. Karundeng dan Kepala Bidang P2P dr Maria Sugiarto.

Wali Kota Tomohon Caroll Senduk bersama rombongan saat konsultasi di Kemendagri, Senin (24/5/2021) kemarin.
Wali Kota Tomohon Caroll Senduk bersama rombongan saat konsultasi di Kemendagri, Senin (24/5/2021) kemarin. (Istimewa.)

Rombongan Wali Kota diterima oleh R Wisnu Saputro selaku Kepala Seksi BLUD Wilayah 1, Direktorat BUMD, BLUD dan Barang Milik Daerah, Ditjen Bina Keuangan Daerah, Kemendagri RI.

Wisnu Saputro menerangkan BLUD adalah sistem yang diterapkan oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) atau unit satuan kerja perangkat daerah pada satuan kerja perangkat daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Yang mempunyai fleksibilitas dalam pola pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari ketentuan Pengelolaan Keuangan Daerah pada umumnya.

"Saat ini Rumah Sakit Umum daerah sudah wajib ditingkatkan statusnya menjadi BLUD. Begitu juga dengan puskesmas diharapkan bisa ditingkatkan statusnya menjadi BLUD," terangnya saat memberikan pemaparan dengan Rombongan Wali Kota Tomohon.

Halaman
123
Penulis: Hesly Marentek
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved