Breaking News:

OPINI

Pelayanan Publik Provinsi Sulut Tetap Berkualitas di Masa New Normal

NEW normal merupakan perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah

Editor: Aswin_Lumintang
istimewa
Patrick G. Kumowal 

Oleh:
Patrick G. Kumowal

NEW normal merupakan perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. Secara sosial, kita pasti akan mengalami sesuatu bentuk new normal atau kita harus beradaptasi dengan beraktivitas, dan bekerja, dan tentunya harus mengurangi kontak fisik dengan orang lain, dan menghindari kerumunan, serta bekerja, sekolah dari rumah.

Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan bahwa tujuan didirikan Negara Republik Indonesia, antara lain untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Amanat tersebut mengandung makna negara berkewajiban memenuhi kebutuhan setiap warga negara melalui suatu sistem pemerintahan yang mendukung terciptanya penyelenggaraan pelayanan publik yang prima dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar dan hak sipil setiap warga negara atas barang publik, jasa publik, dan pelayanan administratif.

Pelayanan publik merupakan suatu tolak ukur kinerja pemerintah yang paling kasat mata. Masyarakat dapat menilai langsung kinerja pemerintah berdasarkan pelayanan yang diterimanya. Untuk itu kualitas pelayanan publik di semua kementerian/lembaga adalah suatu hal yang mendasar yang harus segera ditingkatkan.

Peningkatan pelayanan publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) menerapkan kebijakan bahwa sejak tahun 2014 adalah tahun inovasi pelayanan publik. Seluruh instansi pemerintah, baik di pusat maupun daerah diharapkan dapat membuat suatu ide kreatif atau jawaban terhadap cara kerja/metode pelayanan publik. KemenPAN RB mengumpulkan dan menilai inovasi-inovasi yang telah dilakukan di sejumlah instansi di seluruh Indonesia. Semoga kualitas dan inovasi pelayanan publik BPS dapat selalu meningkat.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas BAPENDA ( Badan Pendapatan Daerah) di antaranya Kantor Samsat Manado sebagai salah satu instansi pemerintah yang bergerak di bidang pelayanan publik daerah. Pelayanan jasa yang dilakukan di SAMSAT memang tidak berwujud seperti pelayanan barang.

Meskipun wujud pelayanan tidak nampak, proses penyelenggaraannya dapat diamati dan dapat dirasakan, misal apakah layanan yang dilakukan dapat dinilai cepat, lambat, menyenangkan, menyulitkan, murah atau mahal. Jenis pelayanan jasa yang diberikan oleh SAMSAT Kota Manado adalah pelayanan terkait pemungutan pajak kendaraan bermotor. Pajak kendaraan bermotor sendiri meliputi pajak atas kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor ditambah dengan Sumbangan Wajib Dana Lalu Lintas Jasa Raharja (SWDKLJJ).

Pelayanan pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Kota Manado dibedakan berdasarkan pemungutan pajak atas pendaftaran kendaraan bermotor baru, pemungutan pajak atas pengesahan ulang tahunan dan lima tahunan STNK dan bea balik nama kendaraan bermotor.

Dengan motto samsat sebagaimana tercantum di balik bukti pembayaran PKB, BBNKB, dan SWDKLLJ (notice pajak) yang berbunyi “Samsat ada untuk anda, kepuasan anda tujuan kami, pelayanan terbaik kami harapan anda”, merupakan salah satu upaya dari samsat untuk mendapatkan legitimasi, dan kepercayaan publik, serta dijadikan motivasi dalam peningkatan pelayanan. Wujud dari inovasi pelayanan Samsat di Sulawesi Utara, khususnya di Kota Manado adalah adanya diskon bagi masyarakat yang akan melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) pada saat pandemic COVID – 19 dan adanya kegiatan jemput bola atau petugas samsat turun ke lapangan untuk mengingatkan kepada pemilik kendaraan untuk membayar pajak.

Dengan adanya layanan Samsat Keliling di MANTOS ( Manado Town Square), telah menjawab tantangan layanan publik bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sekaligus memberikan pilihan layanan mudah, dan cepat, yang diinginkan oleh wajib pajak. Tidak khusus untuk melayani pembayaran pajak kendaraan wilayah Kota Manado saja. Bahkan kendaraan wilayah seluruh Sulawesi Utara dapat dilayani dengan fasilitas Samsat Link (on-line). Hanya dengan menunjukkan STNK, BPKB dan KTP, wajib pajak langsung dapat membayar pajak tahunan dan pengesahan STNK kurang dari 5 menit. Layanan dimulai pukul 09.00 WITA , hingga pukul 14.00 WITA, layanan yang sangat dibutuhkan bagi wajib pajak yang super sibuk pada jam-jam kerja, dan meminimalisir terjadinya penumpukan orang di kantor samsat, dikarenakan kita sedang mengalami Pandemi Covid-19.

Dengan inovasi- inovasi yang sudah dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk memberikan pelayanan publik yang baik bagi masyarakat di masa Pandemi ini atau di masa New Normal, berkat inovasi- inovasi ini Pemerintah Sulawesi Utara sukses menyabet penghargaan “ IGA ( Innovative Government Award ) tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Kementrian Dalam Negeri melalui Badan Penelitian dan Pengembangan ( BPP).

Dengan penghargaan ini, layak dan sepantasnya kita acungkan jempol bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam hal pelayanan publik. Untuk itu saya harap kedepannya, Pemerintah bisa mempertahankan Penghargaan ini dan bukan saja mempertahankan, tetapi menambah inovasi- inovasi yang bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat apalagi kita masih dihantui oleh wabah Covid- 19.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved