Breaking News:

Berita Sitaro

Libatkan Masyarakat, Basarnas Manado Gelar Pelatihan Water Rescue di Tahuna

Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan SAR (Basarnas) Manado menggelar pelatihan teknis pertolongan permukaan air (Water Rescue) di Tahuna

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: David_Kusuma
Istimewa
Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Manado menyamatkan tanda peserta kepada perwakilan peserta pelatihan 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan SAR (Basarnas) Manado menggelar pelatihan teknis pertolongan permukaan air (Water Rescue) di Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara.

Kegiatan yang dibuka Sekretaris Daerah Kepulauan Sangihe, Melanchton Harry Wolff ini berlangsung di Hotel Nasional Tahuna.

Pelatihan yang melibatkan unsur pemerintah daerah, TNI, Polri serta masyarakat itu rencananya akan dilangsungkan selama lima hari kedepan.

Kesempatan itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan SAR Manado, Suhri N N Sinaga menyatakan terima kasih atas terselenggarannya pelatihan tersebut.

"Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi para potensi pencarian dan pertolongan di Kabupaten Kepulauan Sangihe," kata Sinaga, Selasa (18/05/2021).

Baca juga: Pasar Hasil Relokasi Beratkan Pedagang, Wali Kota Manado Andrei Angouw Diminta Cari Solusi

Menurutnya, pelatihan yang digelar oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Manado merupakan tahap pembelajaran dengan tujuan untuk memberikan bekal dan keterampilan kepada para potensi pencarian dan pertolongan.

"Setelah menyelesaikan program pelatihan ini, seluruh peserta diharapkan mampu mengaplikasikan seluruh kemampuan yang ada untuk mendukung Basarnas dalam operasi pencarian dan pertolongan ketika terjadi musibah atau bencana di wilayah masing-masing," ujar Sinaga.

Ia pun menyatakan rasa keprihatinannya atas berbagai musibah yang terjadi, baik di darat, laut, udara hingga peristiwa bencana alam seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor dan sebagainya.

"Hal ini mengisyaratkan kepada kita bahwa kedepan, tugas Basarnas dan potensi sar akan semakin berat, sehingga dibutuhkan kewaspadaan setiap saat dan kesigapan bagi kita dalam memberikan pelayanan pencarian dan pertolongan pada masa tanggap darurat," ungkap Sinaga.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kepulauan Sangihe, Melanchton Harry Wolff menyatakan terima kasih atas pelaksanaan pelatihan oleh Basarnas Manado.

Baca juga: Mengenal Sungai Nil, Membelah 9 Negara, Akrab dengan Sejarah Mesir Kuno

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved