Breaking News:

Berita Sitaro

Tanpa Keterangan di Apel Perdana, 36 ASN Sitaro Bersiap Menerima Sanksi Ini

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menggelar apel perdana Aparatur Sipil Negara di lingkup pemerintah daerah

Octavian Hermanses
Sekretaris Daerah Kabupaten Sitaro, Herry Bogar saat menjadi pembina apel perdana sekaligus apel Korps Pegawai Republik Indonesia 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menggelar apel perdana Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintah daerah, Senin (17/05/2021) pagi tadi.

Apel perdana pasca libur dan cuti bersama dalam rangka Idul Fitri serta Kenaikan Isa Almasih ini dirangkaian dengan apel Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang digelar setiap tanggal 17 bulan berjalan.

Ironisnya, meski telah menikmati masa libur sekira tiga hari kerja ditambah Sabtu dan Minggu pekan lalu, masih ada ASN yang tidak hadir di hari pertama dimulainya aktivitas perkantoran.

Data kehadiran yang diperoleh wartawan dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sitaro, tercatat sebanyak 95 dari 1037 pegawai di lingkungan pemerintah daerah tidak hadir pada pelaksanaan apel perdana yang berlokasi di halaman depan kantor bupati itu.

Baca juga: Inilah Tiga Kelebihan yang Dimiliki Desa Wisata Tongkaina Manado

Dari jumlah tersebut, 36 di antaranya Tanpa Keterangan (TK), 11 sakit, 16 izin, tujuh orang menjalani tugas luar, cuti 16 orang, tugas belajar dua orang dan tujuh lainnya melaksanakan tugas.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sitaro Herry Bogar mengatakan, secara keseluruhan persentase kehadiran ASN pada apel perdana mencapai 98 persen.

Ia menyebut, sebagaimana ketentuan yang berlaku di lingkup pemerintah daerah, setiap kali selesai melaksanakan libur dan cuti bersama, hari berikutnya akan dilaksanakan apel bersama dalam rangka mengecek kehadiran para pegawai.

"Ketika ditemukan disana ada kelalaian-kelalaian ketidak hadiran dari ASN pada apel kerja perdana tersebut, maka akan ada sanksi administrasi sesuai ketentuan yang barlaku," kata Bogar saat diwawancarai pasca kegiatan apel perdana.

Baca juga: Serunya Archipelago Culinary Competition di Aston Manado Hotel

Terpisah, Kepala BKPSDM Sitaro Stengly Langi menerangkan, seusai pelaksanaan apel perdana, pihaknya langsung melakukan rekapitulasi data kehadiran ASN.

"Total keseluruhan ASN yang hadir sebanyak 942 orang. Sedangkan 95 tidak hadir dengan berbagai jenis keterangan dan ada yang tanpa keterangan," ujar Langi.

Kepada 36 ASN yang tidak hadir Tanpa Keterangan, pejabat jebolan pendidikan STPDN itu memastikan akan ada sanksi sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai dan Peraturan Bupati terkait pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP).

"Sanksi administrasi sesuai PP 53 Tahun 2010 dan sanksi pemotongan TPP sebesar 50 persen," singkat Langi. (HER)

Baca juga: Demonstrasi di Rudis Bupati Minahasa, Warga Tolak Jilius Kaawoan Jabat Hukum Tua Desa Pulutan

YOUTUBE TRIBUN MANADO:

 
 

Penulis: Octavian Hermanses
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved