Breaking News:

Kerumunan Ancol

Memicu Kerumunan, 3 Tempat Ini Ditutup Sementara, Satu di Antaranya Ancol

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta telah memutuskan menutup sementara tiga kawasan usaha pariwisata.

Editor: Dewangga Ardhiananta
Tribunnews/Jeprima
Sejumlah wisatawan memadati kawasan Pantai Karnaval Ancol, Jakarta Utara, Jumat (14/5/2021). Pemprov DKI Jakarta pada libur Lebaran 2021 membuka sejumlah tempat wisata, di antaranya wisata Ancol yang diperuntukkan khusus bagi warga ber-KTP DKI Jakarta dan membatasi jumlah wisatawan dengan kapasitas 30 persen. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dikarenakan memicu kerumunan, ketiga tempat wisata ini ditutup sementara.

Hal ini guna untuk penguatan protokol kesehatan pencegahan virus corona atau Covid-19.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta telah memutuskan menutup sementara tiga kawasan usaha pariwisata.

Baca juga: Ini Gebrakan Erik Thohir Selama Jadi Menteri Jokowi, Bersih-bersih BUMN

Baca juga: Israel Terus Membombardir Jalur Gaza dan Akan Turunkan Tank, Hamas Balas Dengan Rentetan Roket

Baca juga: KEBAKARAN Terjadi di Pasar Tadi Malam, Kerugian Diperkirakan Rp 1,5 Miliar, Puluhan Kios Terbakar

Gerbang utama Ancol, Jakarta Utara, ditutup dan terlihat suasana sepi pada libur Natal, Jumat (25/12/2020). Sejumlah tempat wisata di DKI Jakarta ditutup seperti TMII, Ancol, dan Taman Margasatwa Ragunan pada 25 Desember 2020, 31 Desember 2020, dan 1 Januari 2021 untuk menghindari lonjakan kasus positif Covid-19 pascalibur Natal dan Tahun Baru. Tribunnews/Herudin
Gerbang utama Ancol, Jakarta Utara, ditutup dan terlihat suasana sepi pada libur Natal, Jumat (25/12/2020). Sejumlah tempat wisata di DKI Jakarta ditutup seperti TMII, Ancol, dan Taman Margasatwa Ragunan pada 25 Desember 2020, 31 Desember 2020, dan 1 Januari 2021 untuk menghindari lonjakan kasus positif Covid-19 pascalibur Natal dan Tahun Baru. Tribunnews/Herudin (Tribunnews/Herudin)

Ketiganya meliputi Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa Ragunan.

"Penutupan sementara ini dilakukan pada 16-17 Mei 2021 dan diperbolehkan buka kembali pada 18 Mei 2021," kata Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gumilar Ekalaya dalam siaran pers yang diterima, Minggu (16/5/2021).

Dia menyampaikan penutupan sementara ini diberlakukan guna penguatan protokol kesehatan.

Mengingat, ketiga kawasan wisata tersebut menjadi rujukan warga untuk mengisi waktu libur lebaran/Idulfitri 1442 H.

"(Penutupan sementara) Berdasarkan hasil evaluasi, adanya peningkatan pengunjung pada tanggal 14-15 Mei 2021. Kami meminta pengelola Taman Impian Jaya Ancol, TMII, dan Taman Margasatwa Ragunan untuk menutup sementara kawasan wisata tersebut selama dua hari," kata Gumilar.

Lebih lanjut, Gumilar juga mengimbau kepada pengelola tempat wisata dan masyarakat agar tidak melonggarkan protokol kesehatan di masa libur lebaran ini sehingga, tidak terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta.

"Ini perlu kerja bersama. Semoga ke depannya, baik pengelola tempat wisata maupun masyarakat, tidak longgar dalam menerapkan protokol kesehatan. Kami akan evaluasi terus dalam hal pembukaan tempat-tempat pariwisata di Jakarta," pungkasnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved