Breaking News:

Pilpres 2024

Tahun 2024, Sulut Dominan Pilih Prabowo Capres, Lahir dari Rahim Dora Sigar, Marga Asal Minahasa

Meski banyak yang bilang masih prematur membicarakan figur calon Presiden tahun 2024, namun tak ada salahnya mulai membicarakannya.

Kolase Wartakotalive.com/Istimewa
Kolase foto Prabowo Subianto dan Puan Maharani. 

MANADO, TRIBUNMANADO.CO.ID - Meski banyak yang bilang masih prematur membicarakan figur calon Presiden tahun 2024, namun tak ada salahnya mulai membicarakannya.

Apalagi lembaga survei seakan berlomba menginformasikan figur-figur yang memiliki elektabilitas mumpuni untuk maju di pemilihan Presiden.

Satu di antaranya yang ramai dibicarakan di Sulut adalah figur Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang diketahui ibunya, Dora Sigar merupakan orang Minahasa. Apalagi, jika nanti Prabowo diusung koalisi partai nasionalis yang selama ini cocok dengan jiwa dan pencitraan Prabowo Subianto.

Aktivis HAM Natalius Pigai kritik kinerja Menteri Kabinet Indonesia Maju. Puji kinerja Menhan Prabowo Subianto.
Aktivis HAM Natalius Pigai kritik kinerja Menteri Kabinet Indonesia Maju. Puji kinerja Menhan Prabowo Subianto. (Kolase Foto Tangkap Layar Youtube Ferdy Hasiman/Istimewa)

Jika lalu Prabowo di Sulut diadang kekuatan PDI Perjuangan yang mengusung Joko Widodo yang kemudian terpilih menjadi Presiden. Maka tahun 2024 nanti peta politiknya akan berubah.

Survei litbang Kompas menempatkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada polling teratas survei calon Presiden RI 2024.

Baca juga: Masih Ingat Jessica Wongso? Bunuh Sahabat Pakai Kopi Sianida, Hidupnya di Penjara Kini Memilukan

Baca juga: Salat Idul Fitri di Sulawesi Utara Akan Digelar di 980 Titik, Manado Dilaksanakan di 210 Masjid

Prabowo dipilih oleh 16,4 persen responden, mengalahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 10 persen dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 7,3 persen.

Pada urutan berikutnya, ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan 3,7 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 3,4 persen, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 3,3 persen.

Selanjutnya, ada nama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dengan perolehan 3,1 persen, Menteri Sosial Tri Rismaharini sebesar 2,4 persen.

Ada pula nama tokoh lainnya seperti Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebesar 2,1 persen, dan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo sebesar 2 persen.
Ketua DPD partai Gerindra Sulut Melky Suawa tak terkejut dengan hasil survei tersebut.

Menurut dia, kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan RI sangat kinclong. "Tampak jelas komitmen beliau terhadap NKRI. Dan ini dilihat oleh masyarakat Indonesia," ujarnya kepada Tribun Manado via WA Selasa (4/5/2021) sore.

Dikatakannya, Prabowo dalam berbagai survei terus berada pada posisi puncak dengan jarak yang kian lebar dengan pesaingnya.  Itu membuktikan publik kian mengapresiasi kiprah Prabowo.
Ungkap dia, Prabowo kepada kader Gerindra berpesan agar menempatkan kepentingan rakyat di atas segalanya.

"Komit utk membantu rakyat kecil. Apalagi di tengah pandemi, harus bersama - sama pemerintah untuk bekerja keras mendukung program  pemerintah," katanya.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dipeluk keluarga awak kapal KRI Nanggala-402.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dipeluk keluarga awak kapal KRI Nanggala-402. (Instagram Infokomando)

Tak hanya di aras nasional, Melky merasakan dukungan pada Prabowo di Sulut kian kuat.  Prabowo yang kalah telak di Sulut dalam pilpres lalu, diyakini akan bangkit. "Komitmen beliau akan NKRI menggugah warga," katanya.

Sementara partai lainnya menanggapi datar polling tersebut. 

Sekretaris DPW Nasdem Victor Mailangkay mengatakan partainya masih berfokus pada agenda kepartaian yakni konsolidasi serta melakukan kegiatan pro rakyat. "Partai Nasdem terus adakan konsolidasi dan kegiatan pro rakyat," kata dia. (art) 

Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved