Breaking News:

XL Axiata

Kinerja Triwulan I 2021, Laba XL Axiata  Raup Laba Rp 321 Miliar

Pada kuartal pertama 2021, XL Axiata berhasil meraih laba sebesar Rp 321 miliar. Perseroan juga berhasil mempertahankan tingkat profitabilitas.

Istimewa.
Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarni. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata atau perseroan) berhasil mempertahankan kinerja yang positif di tengah kompetisi industri telekomunikasi yang semakin ketat dan kondisi ekonomi yang masih berat akibat pandemi Covid-19.

Pada kuartal pertama 2021, XL Axiata berhasil meraih laba sebesar Rp 321 miliar. Perseroan juga berhasil mempertahankan tingkat profitabilitas dengan membukukan marjin EBITDA sebesar 50 persen.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarni mengatakan, pihaknya bersyukur XL Axiata tetap mampu tumbuh positif meskipun kompetisi industri telekomunikasi terus berlangsung ketat serta daya beli masyarakat yang belum pulih akibat pandemi Covid-19.

"Kami tetap mampu menjaga profitabilitas perusahaan dengan terus fokusmengimplementasikan Operational Excellence dan digitalisasi di berbagai lini," ujarnya, Senin (03/05/2021).

Selain itu, upaya peningkatkan efisiensi bisnis terus diupayakan dan di sisi lain XL juga meluncurkan produk-produk yang tepat sesuai kebutuhan pelanggan dengan mengoptimalkan pemanfaatan data analytics sehingga upaya upselling melalui saluran penjualan omni channel bisa dilakukan dengan tepat.

Dari sisi kondisi finansial, neraca perusahaan tetap sehat dengan saldo kas yang relatif tinggi. 

Free Cash Flow (FCF) juga ada pada tingkat yang sehat, yaitu sebesar Rp 1,40 triliun.

Untuk jumlah utang bersih berkurang hingga 15 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Demikian juga rasio utang bersih terhadap EBITDA juga yang terus membaik hingga mencapai 0,6x. 

XL Axiata saat ini juga tidak memiliki pinjaman dalam denominasi US Dollar. Sebesar 66 persen dari pinjaman di antaranya berbunga floating dan pembayarannya terkelola hingga dua tahun ke depan.

Halaman
123
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved