Breaking News:

Hari Pendidikan Nasional

Eka Candra Kahiking, Guru Inspiratif Pencetus Berdirinya PKBM Rumah Belajar Karangetang

Manusia hidup untuk memanusiakan masusia lain atau yang lebih dikenal dengan istilah Sitou Timou Tumou Tou

Istimewa
Eka Candra Kahiking 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Manusia hidup untuk memanusiakan masusia lain atau yang lebih dikenal dengan istilah Sitou Timou Tumou Tou.

Kalimat inilah yang menjadi salah satu penggerak seorang Eka Candar Kahiking, guru SMP Negeri 1 Siau Timur (Sitim) untuk mencetuskan berdirinya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rumah Belajar Karangetang.

Pria kelahiran Ulu Siau, 22 Desember 1988 ini menjadi sosok inspiratif dalam dunia pendidikan di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Bagaimana tidak, di usianya yang masih sangat muda, Mner Eka, sapaan akrab Kahiking, telah banyak mengambil peran dalam pengembangan sektor pendidikan di Sitaro, baik formal maupun non-formal termasuk mendirikan PKBM Rumah Belajar Karangetang.

Baca juga: Penuhi Hak Anak, LPKA Tomohon Berikan Sekolah Mandiri Bagi Para Andikpas

Baca juga: Ramadan Fair Kawasan Megamas Jadi Tempat Pilihan Ngabuburit Anak Muda

Selain itu, berbagai prestasi juga berhasil ditorehkan suami dari Feny Tiala ini, seperti pada tahun 2017, Kahiking sukses menjadi pemakalah terbaik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Di tahun 2018, ia juga menjadi pemenangan lomba inovasi pembelajaran guru tingkat nasional sehingga membuat Kahiking terpilih sebagai utusan Indonesia ke Australia untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan guru di luar negeri pada tahun 2019.

Terkini di tahun 2020, anak pasangan suami istri yang juga berprofesi sebagai guru ini masuk dalam daftar 40 Aparatur Sipil Negara (ASN) inspiratif versi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Aktivitas belajar mengajar PKBM Rumah Belajar Karangetang
Aktivitas belajar mengajar PKBM Rumah Belajar Karangetang (Istimewa)

Berkesempatan berbincang-bincang pada Minggu (02/05/2021), tepat di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), pria lulusan Universitas Negeri Manado ini menceritakan awal mulai berdirinya PKBM Rumah Belajar Karangetang.

"Motivasi utama saya bersama rekan-rekan tutor lainnya mendirikan PKBM ini adalah untuk mengakomodir setiap orang dalam mengikuti pendidikan kesetaraan dan memperoleh legalitas ijazah," kata Kahiking.

Dengan mengusung tema besar Belajar Menghidupi Sesama, PKBM Rumah Belajar Karangetang hadir untuk memperluas kesempatan bagi setiap orang yang putus sekolah agar mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta mental guna pengembangan diri.

Baca juga: 21 Kabupaten, 141 Kecamatan di Sumut Sudah Terbentuk Partai Ummat, Banyak Kader PAN Beralih

Baca juga: Ketua Pemuda Muhammadiyah Sulut: Belum Dengar Info Ada Anggota Gabung Partai Ummat

Halaman
123
Penulis: Octavian Hermanses
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved