Breaking News:

Berita Kotamobagu

Disdukcapil: Dokumen Penting Gunakan QR Code untuk Mempermudah Masyarakat

Kebijakan ini untuk memudahkan masyarakat, karena nantinya masyarakat dapat mencetak langsung dokumen mereka apabila dibutuhkan. 

Istimewa.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu, Irianto Mokoginta. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, ManadoSeiring berkembangnya zaman, Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran dan juga akta kematian sekarang sudah menggunakan kode Quick Response (QR), tidak lagi menggunakan kertas khusus untuk dokumen fisik. 

Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu, Irianto Mokoginta.

Cita Citata Akui Membuka Hati untuk Indra Bruggman: A Indra Tipe Aku Dong

Usai Dugem di Cafe, Oknum Kepala Desa di Talaud Dilarikan ke RS, Alami Laka-lantas

“Sekarang sudah tidak lagi menggunakan kertas atau blankgko security printing, tapi menggunakan kertas A4 80 gram, tanpa tanda tangan basah dan cap dan sudah menggunakan kode QR,” ujarnya ketika dihubungi media, Selasa (27/04/2021). 

Menurutnya, kebijakan ini untuk memudahkan masyarakat, karena nantinya masyarakat dapat mencetak langsung dokumen mereka apabila dibutuhkan. 

“Untuk bisa mendapatkan KK dengan Kode QR, masyarakat bisa datang langsung ke kantor Disdukcapil,” katanya. 

Ia juga mengimbau, agar masyarakat memeriksa data yang ada di KK, dan setiap ada perubahan data segera dilaporkan untuk diperbarui.

“Jangan nanti pada saat dibutuhkan lalu buru-buru ke Disdukcapil. Misalnya ada anak yang tadinya di KK belum sekolah dan sekarang sudah sekolah, itu dirubah lagi agar terupdate terus datanya,” terang Mokoginta.

Ia menambahkan, pada data tersebut juga telah ditambahkan golongan darah.

Halaman
12
Penulis: Theza Gobel
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved