Breaking News:

Vicky Lumentut Beri Dukungan Musik Jadi Subsektor Unggulan Kota Manado

Sampai 2019 tak ada pergerakan dari kabupaten/kota menjadi melalui ekraf unggulannya.

Tribun manado / Arthur Rompis
Vicky Lumentut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di Kota Manado akhirnya menyepakati musik menjadi sektor unggulan yang akan diprioritaskan sepanjang tahun 2021.

Musik nantinya akan menopang 16 sub sektor lainnya seperti kuliner, fashion, fotografi. Kesepakatan terjadi tersebut setelah para pelaku usaha ekraf ini bertemu dan berdiskusi selama dua hari (21-22/4/2021) di Grand Kawanua Convention Center.

Kegiatan yang dipelopori oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Direktorat Infrastruktur Ekonomi Kreatif bertujuan agar pemerintah dan pelaku usaha dapat menilai potensi ekraf yang ada untuk dikembangkan lagi.

Selliane Halia Ishak Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI mengatakan kegiatan mereka dimulai dari tahun 2016 melalui Pemutahiran Profil Ekraf Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I).

Tujuannya bagaimana kabupaten/kota di Indonesia dapat menilai potensi ekrafnya masing-masing. Sampai 2019 tak ada pergerakan dari kabupaten/kota menjadi melalui ekraf unggulannya.

Selanjutnya pada tahun 2019 Kemenparekraf menyeleksi lagi siapa yang berkomitmen menjalankan ekraf.

Lanjut Selliane Halia Ishak Kegiatan PMK3I dilirik oleh Bappenas RI. Pada akhirnya program ini menjadi program prioritas nasional dalam RPJMN sampai 2024.

Dari 57 kabupaten/kota yang sudah uji petik, terpilih 10 kabupaten/kota sebagai daerah ekraf. Di Provinsi Sulawesi Utara ada Kota Manado dan Kabupaten Minahasa Utara.

"Kota Manado diharapkan aktif dalam jejaring ekrafnya. Apalagi Manado-Likupang (Minut) masuk dalam destinasi super prioritas pemerintah pusat," ujarnya.

Dengan kegiatan PMK3I 2021 ini profil ekraf Kota Manado dimutahirkan lagi, supaya lebih muncul potensinya ke peta Menparekraf. Karena menurut dia profil ekraf Kota Manado sudah dari tahun 2017 tidak ter-update.

Halaman
1234
Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved