Breaking News:

Kapal Selam Nanggala Hilang Kontak

Perairan Utara Bali Terkenal dengan Arus Kuat Sampai ke Celukan Bawang, Ahli: Tempat Latihan Perang

Perairan utara Bali memiliki kondisi laut yang dalam dan arus yang relatif kuat dan memang sudah ditetapkan menjadi tempat latihan perang

TNI AL
TNI Angkatan Laut (AL) menggelar latihan bersama dengan kapal perang Perancis yang tengah melintasi Selat Sunda, Senin (8/2/2021).(TNI AL) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kapal selam KRI Nanggala-402 diduga sempat mengalami black out atau mati listrik sebelum hilang kontak di perairan utara Bali, Rabu pagi 21 April 2021.

Dugaan itu berdasarkan hasil analisa sementara yang disampaikan Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal), Rabu malam 21 April 2021.

Sebelumnya, Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang sedang melaksanakan latihan penembakan di perairan utara Bali mengalami hilang kontak, Rabu (21/4/2021) sekitar pukul 03.00 Wita.

Penyebab Kapal Selam TNI AL Hilang, Pakar: Mungkin Loh Ya Ada Sabotase, Karena Teknologi Tahun 80-an

Kondisi Laut <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/perairan-utara-bali' title='Perairan Utara Bali'>Perairan Utara Bali</a> Diungkap Ahli: Terkenal dengan <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/arus-kuat' title='Arus Kuat'>Arus Kuat</a> Sampai ke <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/celukan-bawang' title='Celukan Bawang'>Celukan Bawang</a>

Kapal selam diperkirakan hilang di perairan sekitar 60 mil atau sekitar 95 kilometer dari utara Pulau Bali.

Seperti apa sebenarnya kondisi perairan utara Pulau Bali?

Kelompok Ahli Kelautan dan Perikanan Gubernur Bali, I Ketut Sudiarta mengungkapkan, bahwa perairan utara Bali memiliki kondisi laut yang dalam dan arus yang relatif kuat dan memang sudah ditetapkan menjadi tempat latihan perang khususnya kapal selam.

"Memang perairan utara Bali diperuntukkan untuk latihan perang khususnya kapal selam karena laut Bali sampai ke Flores lautnya dalam atau disebut cekungan Bali Flores, jadi sangat baik untuk tempat latihan perang termasuk kapal selam, bagian Palung Bali Flores itu menyambung," kata Sudiarta saat dihubungi Tribun Bali melalui sambungan telepon, Kamis (22/4/2021).

Singapura dan Malaysia Tawarkan Bantuan Pencarian Kapal Selam Nanggala 402, Ini Lokasi Pencariannya

"Perairannya sangat curam dan dalam berbeda dengan laut Jawa, kedalamannya bisa mencapai 700-3.000 meter perairannya semakin ke timur semakin dalam. Jika posisi 95 km utara Pulau Bali atau utara Gerokgak kedalaman berkisar 400 hingga 700 meter," jelas Sudiarta.

Lalu seperti apa kondisi kekuatan arus ?

Halaman
123
Editor: Gryfid Talumedun
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved