Pilkada Serentak 2020

MK Putuskan Gelar PSU Pilkada Sabu Raijua, Orient Riwu Kore Diskualifikasi, Pegang Paspor Amerika

Polemik pasangan calon di Pilkada KPU Kabupaten Sabu Raijua akhirnya berakhir melalui putusan Mahkamah Konstitusi (MK)

Editor: Aswin_Lumintang
KOMPAS.com/SIGIRANUS MARUTHO BERE
Orient Riwu Kore saat mendatangi Polda NTT 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Polemik pasangan calon di Pilkada KPU Kabupaten Sabu Raijua akhirnya berakhir melalui putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan keputusan KPU Kabupaten Sabu Raijua yang menetapkan kemenangan Orient Patriot Riwu Kore-Thobieas Uly di Pilkada 2020. 

MK mendiskualifikasi pasangan calon Orient - Thobieas dan memerintahkan KPU menggelar pemungutan suara ulang (PSU) dalam kurun waktu 60 hari sejak putusan dibacakan pada hari ini, Kamis (15/4/2021).

Menanggapi putusan MK ini, Ketua KPU RI Ilham Saputra mengaku akan segera mengeksekusinya.

Bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua Orient Patriot Riwu Kore saat debat publik pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Sabu Raijua tahun 2020, Sabtu, 03 November 2020.
Bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua Orient Patriot Riwu Kore saat debat publik pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Sabu Raijua tahun 2020, Sabtu, 03 November 2020. (Tangkapan layar kanal YouTube KPU Sabu Raijua)

KPU RI kata Ilham, akam lebih dulu berkoordinasi dengan KPU Provinsi NTT dan KPU Kabupaten Sabu Raijua untuk membahas teknis pelaksanaannya.

"Kita akan laksanakan putusan MK. Kami akan segera akan berkoordinasi dengan KPU Provinsi NTT dan KPU Sabu Raijua untuk teknis pelaksanaannya," ucap Ilham kepada Tribunnews.com, Kamis (15/4/2021).

Baca juga: MK Anulir Kemenangan Orient Patriot Riwu Kore, Pilkada Sabu Raijua Digelar Ulang

 
Ilham berharap seluruh pihak baik masyarakat maupun penyelenggara pemilu di NTT dan Kabupaten Sabu Raijua bisa berpartisipasi aktif guna menyukseskan pelaksanaan PSU Pilbup Sabu Raijua.

"Agar semua pihak di Provinsi NTT dan Kabupaten Sabu Raijua dapat menyukseskan dan berpartisipasi aktif dalam PSU ini dengan semangat kebersamaan," ucapnya.

Diketahui MK membatalkan kemenangan Orient Patriot Riwu Kore dalam Pemilihan Bupati Sabu Raijua, Provinsi NTT. Hal ini diputuskan dalam sidang sengketa Pilkada Sabu Raijua di Gedung MK pada Kamis (15/4/2021).

"Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian. Menyatakan batal keputusan KPU Kabupaten Sabu Raijua. Menyatakan diskualifikasi Sabu Raijua, Orient Patriot Riwu Kore-Thobieas Uly," ujar Ketua MK Anwar Usman yang dibacakan di gedung MK dilihat Tribunnews.com via kanal YouTube MK.

Dengan putusan ini, Thobias Uly sebagai wakil Orient juga ikut gugur.

Baca juga: Bantuan Sosial Tunai Kotamobagu Segera Dicairkan

Baca juga: Sosok Goliath Tabuni, Panglima Tinggi OPM, Atasan Lekagak Telenggen, Mutilasi hingga Tembak Warga

MK menyatakan gugurnya Orient tidak otomatis membuat peringkat kedua langsung menang. 

Namun perlu digelar pemungutan suara ulang dengan diikuti 2 paslon, yakni nomor urut 1, Nikodemus N. Rihi Heke-Yohanis Uly Kale, dan paslon nomor urut 2, Takem Irianto Radja Pono-Herman Hegi Radja Haba dalam jangka waktu 60 hari sejak putusan MK diucapkan.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved