Breaking News:

Bantuan Sosial Tunai Kotamobagu Segera Cair

Kategori penerima telah memenuhi kriteria yang ditentukan oleh Kementerian Sosial dan sudah melalui proses validasi

Tribun manado / Alpen Martinus
Noval Manoppo 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kotamobagu akan menerima Bantuan Sosial Tunai (BST). Bantuan khusus untuk keluarga miskin terdampak Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinsos Kota Kotamobagu, Noval Manoppo ketika dihubungi media.

“Mulai hari Senin 19 April 2021 mendatang, penyaluran BST akan segera dilakukan,” kata Noval, Kamis (15/4/2021).

Menurut Noval, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kementerian Sosial, jumlah penerima BST di Kotamobagu sebanyak 5.252 keluarga penerima manfaat (KPM).

Dirinya menjelaskan, kategori penerima telah memenuhi kriteria yang ditentukan oleh Kementerian Sosial dan sudah melalui proses validasi hasil data penerima yang dimasukkan oleh desa dan kelurahan.

“Kalau untuk BST tahap I telah selesai disalurkan yakni periode bulan Januari hingga Maret. Tahap pertama sudah selesai disalurkan sebanyak 5438 KPM di Kota Kotamobagu,” jelasnya.

Lokasi penyalurannya pun dibagi, menghindari kerumunan yang membludak. Sebab di tengah pandemi covid-19, penting sekali menjaga jarak aman dan tidak berkerumun.

“Penyaluran untuk kecamatan Kotamobagu Utara di aula balai desa Bilalang 1, kecamatan yang lain di aula walikota dan di kantor pos,” tambah Noval.

Sebelumnya, data penerima telah diperiksa oleh petugas verifikasi dan validasi (verval). Dengan adanya Petugas Verval, pihak Dinsos mengharapkan bantuan tepat sasaran.

“Karena data awal dari pihak pemerintah desa dan kelurahan itu diverifikasi dan divalidasi oleh petugas pendamping,

hal ini untuk mengantisipasi adanya praktek kecurangan seperti data penerima manfaat yang tidak sesuai dengan kriteria,” tegasnya.

Noval pun berharap, bantuan pemerintah ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya oleh para penerima.

“Semoga bantuan ini tidak digunakan untuk kepentingan lainnya. Minimal dalam masa pandemi ini bisa membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan,” harapnya. (*)

Penulis: Theza Gobel
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved