Breaking News:

Musda PAN Sulut

Terkait Musda PAN Sulut, Pengamat Politik: Tidak Ada Kader Potensial Selain SSL dan AA 

Pengamat Politik Sulut Jefry Paat menilai bahwa masalah krisis kader yang terjadi di tubuh PAN Sulut tersebut karena PAN terkesan ekslusif.

tribunmanado.co.id/Ryo Noor
Jefry Paat 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Terkait Musyawarah Daerah (Musda) DPW PAN Sulut dalam perebutan kursi Ketua DPW, telah mencuat dua nama calon yang akan bertarung yakni Sehan Landjar dan Ayub Ali

Diketahui, setelah sempat kalah dalam Pilkada Gubernur Sulut, saat ini DPW PAN Sulut sedang mengalami krisis kader. 

Pengamat Politik Sulut Jefry Paat menilai bahwa masalah krisis kader yang terjadi di tubuh PAN Sulut tersebut karena PAN terkesan ekslusif.

"Jadi PAN seharusnya lebih membuka diri untuk mensosialisasikan partai mereka, bahwa PAN ini tidak semata-mata partai yang religius melainkan partai Nasionalis," jelas Paat kepada Tribun Manado.

Kata Paat, PAN merupakan partai nasionalis-religius dapat membuka kader-kader yang lain untuk masuk ke dalam dan terlibat bersama untuk membangun partai. 

"Kedua dengan adanya keterbukaan dari internal partai, PAN bisa merekrut kader-kader Potensial dari luar untuk bergabung dalam partai, sehingga kalau tidak ada kader mumpuni di internal, bisa mengadopsinya dari luar," terang Paat. 

Tentu hal ini, kader-kader tersebut harus sejalan dengan Visi-Misi dari Partai PAN sendiri.

Selain itu, PAN harus mampu menciptakan kader yang mampu memberi warna dan pengaruh di daerah. Nah, dalam hal ini PAN masih agak kesulitan.

"Beberapa kader PAN gagal menjadi tokoh, misalnya Boby Daud dulu, dia Sekretaris PAN Kota Manado, dia gagal ketika berpasangan dengan Jimmy Rimba Rogi, padahal dia anggota DPRD Kota Manado, karena sosialisasi partai tidak terbuka, padahal tidak seperti itu," papar Paat. 

Oleh karena itu, internal partai PAN perlu dibenahi dengan baik, sehingga kedepan mampu memunculkan kader-kader potensial untuk bersaing. 

"Apalagi PAN akan mempersiapkan Musda mereka, tentu perlu adanya kesolidan dari semua kader partai di daerah untuk mensukseskan Musda tersebut," pungkas Paat. (Tribunmanado/Mejer Lumatow)

BERITA TERKINI TRIBUNMANADO:

Baca juga: Forum Indonesia Bangkit CIMB Niaga: Sektor Kesehatan Kunci Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional

Baca juga: Kuasa Hukum Pemilik Lahan Reymond Lego, Beber Alasan Eksekusi Pengosongan

Baca juga: Inilah Rencana Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto Dalam 100 Hari Kepemimpinan

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUNMANADO OFFICIAL:

Berita Terkait PAN Lainnya

Penulis: Majer Lumantow
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved