Berita Minsel

Tiga Sekolah di Minahasa Selatan Dapat Piagam Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi

Franky Wongkar usai menyerahkan piagam, memberikan apresiasi yang tinggi buat ketiga sekolah yang telah menorehkan prestasi di tingkat provinsi.

Penulis: Rul Mantik | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Rul Mantik
Tiga sekolah di Kabupaten Minsel, mendapatkan piagam Sekolah Adiwiyata dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Ketiga sekolah itu adalah Sekolah Dasar (SD) GMIM Lelema, SD GMIM Tompaso Baru dan SD Inpres Tumpaan Satu. Penyerahan dilaksanakan di halaman SD Inpres Tumpaan Satu, Kamis (1/4/2021). 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Tiga Sekolah di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), mendapatkan piagam Sekolah Adiwiyata dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Ketiga sekolah itu adalah Sekolah Dasar (SD) GMIM Lelema, SD GMIM Tompaso Baru dan SD Inpres Tumpaan Satu. Penyerahan dilaksanakan di halaman SD Inpres Tumpaan Satu, Kamis (1/4/2021).

Piagam Sekolah Adiwiyata diserahkan oleh Bupati Minahasa Minsel Franky Donny Wongkar, Wakil Bupati Minsel Petra Yani Rembang dan Sekretaris Daerah (Sekda) Denny Kaawoan.

Franky Wongkar usai menyerahkan piagam, memberikan apresiasi yang tinggi buat ketiga sekolah yang telah menorehkan prestasi di tingkat provinsi.

"Banyak selamat buat SD GMIM Lelema, SD GMIM Tompaso Baru dan SD Inpres Tumpaan Satu, yang hasil kerjanya telah membuahkan Piagam Sekolah Adiwiyata. Ini adalah prestasi yang luar biasa di bidang pendidikan dan lingkungan," kata Franky Wongkar.

Menurut Franky Wongkar, diperolehnya Piagam Sekolah Adiwiyata, menunjukkan bahwa sekolah-sekolah itu telah melaksanakan upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup di lingkungan sekolah.

"Itu berarti bahwa budaya sadar lingkungan telah diajarkan kepada anak-anak di sekolah ini sejak usia dini," imbuh Franky Wongkar.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Minsel, Roi Sumangkut mengatakan, kegiatan ini terlaksana melalui proses yanh sangat panjang.

"Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi secara meluas di semua sekolah. Setelah itu dilaksanakan pembinaan dan penjaringan," ujar Roi Sumangkut.

Melalui sosoalisasi, pembinaan dan penjaringan, Kabupaten Minsel berhasil menyabet Piagam Sekolah Adiwiyata Nasional, atas nama SMP Negeri 6 Ranoyapo.

"Itu kita peroleh pada Tahun 2016. Lalu, pada Tahun 2017 Minsel kembali mendapatkan Piagam Adiwiyata Mandiri atas nama SD Negeri 2 Amurang yang diserahkan langsung oleh Presiden," terang Roi Sumangkut.

Tahun 2019, Minsel kembali mendapatkan Piagam Adiwiyata kepada 8 sekolah.

"Dengan sosialisasi, pembinaan dan penjaringan, Tahun 2021, Kabupaten Minsel kembali mendapatkan Sekolah Adiwiyata untuk tiga sekolah ini," imbuhnya.

Kepala Sekolah SD Inpres Tumpaan Satu, Olly Anggoronggang mengatakan, perjuangan untuk mendapatkan Adiwiyata Sekolah cukup melelahkan.

"Butuh perjuangan dan pengorbanan. Ada banyak upaya disertai pengorbanan yang harus kami lakukan untuk mendapatkan prestasi ini," aku Olly Anggoronggang.

Namun, tambah dia, pengorbanan yang melelahkan itu seakan hilang setelah mereka sukses pada tujuan.

"Pengorbanan yang melelahkan itu langsung terbayarkan setelah mendapat informasi bahwa sekolah kami berhasil mendapatkan Piagam Sekolah Adiwiyata," aku Olly Anggoronggang. (rul)

Masih Ingat Alfarini Eridani Istri Muda Aa Gym? Geser Teh Ninih, Mantan Model yang Usahanya Bangkrut

Cafe Zabbua, Tempat Nongkrong Favorit di Ibukota Minahasa Tenggara

Modus Pelaku Pencurian Motor yang Beraksi di Bolsel. Ternyata Pernah Gasak Handphone Pendeta

 
 

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved