Breaking News:

Proyek Ambisius Facebook untuk Indonesia, Gandeng Google Bangun Kabel Bawah Laut hingga Amerika

Kabel tersebut akan menjadi kabel pertama yang menghubungkan Amerika Utara ke beberapa wilayah utama di Indonesia secara langsung.

m.bizlaw.id
Facebook dan Google 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dua kabel bawah laut baru akan menghubungkan Singapura, Indonesia dan Amerika Utara dalam proyek yang akan diwujudkan Facebook.

Dalam pernyataannya, Senin (29/03/2021), Facebook menyebut akan menggandeng Google dan perusahaan telekomunikasi regional untuk meningkatkan kapasitas koneksi internet antarkawasan.

"Dinamakan Echo dan Bifrost, keduanya akan menjadi dua kabel pertama yang melewati rute beragam yang baru yang melintasi Laut Jawa dan mereka akan meningkatkan kapasitas (kabel) bawah laut secara keseluruhan di trans-pasifik sebesar 70 persen," ujar Wakil Presiden Jaringan Investasi Facebook, Kevin Salvadori, kepada Reuters yang dikutip VOA Indonesia.

Dia menolak untuk memerinci besaran investasi yang dibutuhkan.

Namun ia menegaskan proyek itu adalah "investasi yang sangat penting bagi kami di Asia Tenggara."

Kabel tersebut, menurut Salvadori, akan menjadi kabel pertama yang menghubungkan Amerika Utara ke beberapa wilayah utama di Indonesia secara langsung.

Kabel tersebut juga akan meningkatkan konektivitas wilayah timur dan tengah di Tanah Air.

Salvadori mengatakan "Echo" sedang dibangun dalam kemitraan dengan Google Alphabet dan perusahaan telekomunikasi XL Axiata.

Pembangunan kabel "Echo"diperkirakan akan rampung pada 2023.

Pengerjaan kabel Bifrost akan selesai pada 2024.

Halaman
123
Editor: maximus conterius
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved