Breaking News:

Pekerja Migran Indonesia

Dukung Penempatan PMI Profesional, BP2MI Jalin Kerja Sama dengan Pemkab Kepulauan Sangihe

Selain memiliki keindahan alam, daerah ini juga memiliki prestasi di berbagai bidang yang membanggakan.

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Rizali Posumah
Istimewa
Kepala BP2MI, Benny Rhamdani dan Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes E. Gaghana menandatangani perjanjian kerja sama terkait penempatan PMI. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, terkait Penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Kepala BP2MI, Benny Rhamdani dan Bupati Kep. Sangihe, Jabes Ezar Gaghana menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait Penempatan PMI di Aula KH Abdurrahman Wahid BP2MI Jakarta, Senin (29/3/2021).

Benny Rhamdani mengatakan, Kepulauan Sangihe punya banyak potensi.

Selain memiliki keindahan alam, daerah ini juga memiliki prestasi di berbagai bidang yang membanggakan. Seperti torehan medali emas dalam Olimpiade Matematika di Australia pada tahun 2019.

Rhamdani bilang, pandemi Covid-19 berdampak pada bertambahnya angka pengangguran. Sementara angkatan kerja sangat tunggi

"Salah satu solusinya adalah bagaimana angka pengangguran yang sangat tinggi mampu disiasati oleh BP2MI agar kami dapat menempatkan PMI ke negara penempatan," jelas Rhamdani.

Sejauh ini, kata dia, baru 17 negara penempatan yang membuka kesempatan untuk masuknya PMI.

Menurut Benny, Jepang menawarkan banyak  peluang kerja, yaitu 345 ribu orang selama 5 tahun terhitung dari tahun 2019 hingga 2024.

“Sayangnya kita belum bisa memenuhi keseluruhan yang diminta oleh Jepang. Dengan gaji rata-rata Rp 22 juta per bulan untuk kontrak kerja selama 5 tahun, angka tersebut berada di atas rata-rata gaji  migran di negara lain.” ujarnya.

Selain itu, lanjut Benny, Jepang juga mememiliki hukum atau aturan terkait pelindungan ketenagakerjaan yang sangat kuat dalam memberikan jaminan pelindungan ketenagakerjaan

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved