Breaking News:

Tilang Elektronik Mulai Diterapkan, Kamera ETLE Bantu Ungkap Tabrak Lari

ETLE juga dapat menjadi pendukung bukti kasus kecelakaan dan tindak kriminalitas di jalan raya dengan menggunakan teknologi face recognition

Penulis: Andreas Ruauw | Editor: maximus conterius
Tribun manado / Andreas Ruaw
Peluncuran Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE), Selasa (23/3/2021). 

MANADO, TRIBUNMANADO.CO.ID - Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) resmi diterapkan di wilayah hukum Polda Sulawesi Utara.

Mengandalkan kamera pengintai yang terpasang di sejumlah titik, sistem ini merekam sejumlah pelanggaran lalu lintas yang dapat ditindak dengan pemberian tilang, bahkan dapat membantu mengungkap kasus pidana tabrak lari.

Sulawesi Utara termasuk dalam tahap 1 penerapan ETLE yang diluncurkan Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo dari Gedung NTMC Polri, Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Pada tahap pertama ini ada 12 wilayah hukum Polda yang mulai menerapkan tilang elektronik.

Selain Sulut, provinsi lainnya yakni DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jambi, Sumatera Utara, Riau, Banten, DI Yogyakarta, Lampung, dan Sulawesi Selatan.

Sementara di Sulut, peluncuran diikuti melalui telekonferensi video dari Aula Catur Prasetya Mapolda Sulut, Jalan Bethesda, Sario, Manado.

Turut hadir Wakil Gubernur Steven Kandouw, Kapolda Irjen Nana Sudjana, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang, Kepala Kejati Sulut A Dita Prawitaningsih, Komandan Lantamal VIII Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya.

Juga hadir Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut, Wakapolda Sulut Brigjen (Pol) Rudi Darmoko, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, dan pejabat lainnya, serta para kapolres.

Kapolri Sigit mengatakan, kehadiran tilang elektronik untuk meningkatkan program keamanan dan keselamatan masyarakat di jalan raya.

Ia ingin masyarakat lebih waspada karena ETLE dapat memantau perilaku pengendara.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved