Titik-titik Lokasi Kamera Tilang Elektronik di Manado, Pelanggaran Terpantau di Ruang Command Center

Kamera pengintai juga mengidentifikasi pelanggaran pembatasan jenis kendaraan tertentu pada kawasan/jalur tertentu, pelanggaran pajak kendaraan.

Penulis: Andreas Ruauw | Editor: maximus conterius
tribunmanado.co.id/Arthur Rompis
Sejumlah layar menampilkan rekaman suasana arus lalu lintas di sejumlah titik di Kota Manado dari ruang pantau Cerdas Comman Center Pemkot Manado, Senin (22/3/2021). 

MANADO, TRIBUNMANADO.CO.ID - Electronic traffic law enforcement (ETLE) atau tilang elektronik mulai diberlakukan di Sulawesi Utara pada Selasa (23/3/2021).

Peluncuran untuk wilayah hukum Polda Sulut akan digelar di Manado.

Rencananya peluncuran tilang elektronik akan dilakukan Kapolda Sulut Irjen Nana Sudjana bersama Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut.

Khusus di Manado, sejumlah kamera pengintai telah terpasang di sejumlah titik.

Sejumlah kamera terpasang di Jalan Piere Tendean, yakni di kompleks Hotel Dragon, kompleks Centro Mantos, komplex HSBC, kompleks Golden.

Sementara di Jalan Sam Ratulangi, kamera terpasang di kompleks BCA dan Apotek Setia II.

Kemudian di Jalan RW Mongisidi kompleks Lapangan Bantik. Lalu Jalan Tololiu Supit kompleks BPJS, Jalan Daan Mogot kompleks BRI Unit Berhikmat, dan Jalan Santiago Kompleks Pasar Tuminting.

Adapun pelanggaran yang dapat terdeteksi kamera ETLE, yakni menerobos lampu merah, pelanggaran marka jalan (garis stop).

Juga pelanggaran ganjil-genap, tidak mengenakan sabuk keselamatan, menggunakan ponsel saat berkendara.

Selain itu, pelanggaran batas kecepatan, melawan arus, tidak menggunakan helm.

Kamera pengintai juga mengidentifikasi pelanggaran pembatasan jenis kendaraan tertentu pada kawasan/jalur tertentu, pelanggaran pajak kendaraan serta uji berkala kendaraan.

Direktur Lalu Lintas Polda Sulut Komisaris Besar Iwan Sonjaya mengimbau seluruh masyarakat untuk sama-sama tertib dalam berlalu lintas.

“Ingat, kecelakaan yang terjadi pasti didahului dengan adanya pelanggaran. Untuk itu stop pelanggaran, stop kecelakaan, mari kita wujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas bersama sama,” katanya.

Banyak warga Manado belum menyadari kehadiran kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) atau tilang elektronik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved