Breaking News:

Dinkes Minsel Imbau Warga Perketat Prokes

dr Erwin Schouten, cara mengantisipasi virus Corona B117 tidak berbeda dengan Covid-19. Sebab, virusnya tidak jauh berbeda

RUL MANTIK
Kepala Dinkes Minsel, dr Erwin Schouten 

AMURANG, TRBUN- Mutasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), menghasilkan varian lebih berbahaya. Namanya Corona B117. Kendati jenis virusnya hampir sama, varian baru ini lebih menjangkit.

Kendati di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) belum ditemui Corona B117, namun Dinas Kesehatan (Dinkes) Minsel berupaya melakukan antisipasi penyebaran.

Menurut Kepala Dinkes Minsel, dr Erwin Schouten, cara mengantisipasi virus Corona B117 tidak berbeda dengan Covid-19. Sebab, virusnya tidak jauh berbeda. "Di Minsel kita terapkan 5 M. Cara ini cukup efektif menangkal penyebaran virus Corona B117," kata Erwin, Senin (15/3/2021).

5 M yang dia maksudkan itu, katanya, adalah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilitas dan interaksi.

"Kalau kita laksanakan 5M, resiko untuk terjangkit sangat kecil," imbuhnya.

Dia menjelaskan, penanganan pasien yang terinfeksi mutasi Corona B117 dengan Covid-19 tidak jauh berbeda. Tidak ada juga penanganan yang signifikan perbedaanya.

"Kan virusnya hampir sama. Jadi penanganannya pun sama. Cuma, virus yang telah bermutasi menjadi Corona B117 lebih menjangkit," terangnya.

Memang, kata dia, virus Corona B117 menimbulkan gejala tambahan. Jika Covid-19 menyerang saluran pernafasan, B117 juga menyerang liver dan fungsi neurologis.

"Kemenkes sudah mengeluarkan edaran soal cara pencegahan dan penanganan. Protokol itu kami gunakan untuk pencegahan juga penanganan kalau ditemukan ada kasus serangan Corona B117," papar Erwin.

Pencegahan yang kini masif dilakukan di Indonesia, tambah Erwin, adalah pelaksanaan vaksinasi. Program ini sudah berlaku di semua kabupaten dan kota se-Indonesia.

"Vaksinasi itu juga kan cara paling ekstrim untuk mengantisipasi penyebaran Covid-18 maupun B117. Sebab orang yang sudah divaksin, apalagi sudah dua kali divaksin, antibodinya sangat efektif mencegah Covid-19 dan B117," ujarnya.

Meski demikian, dia meminta masyarakat Minsel untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

"Lebih baik kita mencegah daripada mengobati. Jaga selalu protokol kesehatan masing-masing, sementara pemerintah melakukan upaya-upaya strategis lainnya," pungkas Scouten.

Meski vaksinasi sudah menjangkau ribuan warga Minsel, namun hingga saat ini fasilitas pencegahan masih ada. Hampir semua kantor pemerintah dan tempat usaha di Minsel menyediakan wadah cuci tangan dengan sabun.(rul)

Penulis: Rul Mantik
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved