Breaking News:

Politik

Ingatkan Bahaya Orde Lama dan Orde Baru Terulang, Demokrat Tolak Keras Jabatan Presiden 3 Periode

Ingatkan bahaya gaya pemerintahan orde lama dan orde baru terulang, Partai Demokrat harga mati menolak wacana jabatan Presiden 3 tahun.

istimewa
Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Ingatkan bahaya gaya pemerintahan orde lama dan orde baru terulang, Partai Demokrat harga mati menolak wacana jabatan Presiden tiga tahun.

Partai Demokrat melihat mulai ada kelompok kepentingan yang mengarahkan ke sana.

Karena itu, partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono dengan tegas menyatakan sikapnya yang menolak dengan upaya-upaya melanggengkan kekuasaan dengan dalil apapun.

Singkatnya, Partai Demokrat tegas menolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden jadi tiga periode melalui amendemen UUD 1945.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani.
Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. (istimewa)

Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani mengatakan, pembatasan masa jabatan presiden hanya dua periode telah diatur dalam amendemen UUD 1945.

Hal itu merupakan amanah reformasi untuk memastikan sirkulasi dan pergantian kepemimpinan nasional dapat berjalan tanpa sumbatan dan menghindarkan pada jebakan kekuasaan.

"Masa jabatan yang terlalu lama akan membawa pada kekuasaan absolut.

Bahaya dari ini telah diingatkan Lord Acton power tends to corrupt, absolute power corrupt absolutely, bahwa kekuasaan cenderung korup, kekuasaan mutlak benar-benar merusak," kata Kamhar kepada wartawan, Minggu (14/3/2021).

Kamhar menjelaskan, Indonesia punya pengalaman sejarah yang buruk akibat tak adanya batas masa jabatan presiden ini.

Amendemen pembatasan masa jabatan ini sebagai respons agar pengalaman Orde Lama dan Orde Baru tak kembali terulang dalam perjalanan sejarah bangsa ini.

Halaman
123
Editor: Aswin_Lumintang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved