Berita Bolmong

Progres Pembangunan Terminal Tipe A Lolak Bolmong Target Tahun Depan Bisa Beroperasi

Pembangunan Terminal Tipe A yang merupakan program pemerintah pusat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong.

Penulis: Siti Nurjanah | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Siti Nurjanah
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bolmong Sugih Arto Banteng. 

Manado TRIBUNMANADO.CO.ID - Warga Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sebentar lagi akan menikmati Terminal Tipe A.

Pasalnya, Pembangunan Terminal Tipe A yang merupakan program pemerintah pusat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong saat ini tengah dipacu.

Terminal Tipe A tersebut terletak di Desa Dulangon, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolmong, Provinsi Sulut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bolmong Sugih Arto Banteng menjelaskan, Terminal Tipe A saat ini sudah memasuki tahap ke empat, dengan alokasi anggaran tahun 2021 yaitu sebesar Rp 5 miliar.

"Sementara itu dari Kepala Balai Pengelolah Transportasi Darat (BPTD) wilayah XXII Sulawesi Utara (Sulut), bapak Renhard Ronald mengusulkan Rp 21 miliar," jelasnya.

Ia menerangkan bahwa anggaran tersebut hingga terselesaikannya pekerjaan secara keseluruhan, dalam artian, lelang dilakukan hanya sekali namun pengerjaannya tidak masalah melewati tahun anggaran.

Pihaknya menargetkan tahun depan Terminal Tipe A di Lolak sudah bisa beroperasi.

"Target BPTD wilayah XXII Sulut, terminal tipe A tahun depan sudah bisa beroperasi," ujarnya.

Lanjutnya, perlu diketahui, desain awal terminal tipe A ini terlalu besar, jadi pihak BPTD memanfaatkan 3 hektar dari 10 hektar lahan yang ada.

"Jadi sesuai perencanaan awal, selesai pada 2022 dan 2023 sudah jalan, meski begitu ini juga masuk target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024," jelasnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, untuk anggaran sesuai perencanaan awal hingga selesai, itu kurang lebih Rp 60 miliar, realisasinya sudah mencapai angka Rp 15 miliar ditahap 3 dan akan diusahakan Rp 21 miliar di tahap ke 4 sehingga total keseluruhan kurang lebih Rp 35 miliar bisa difungsikan, meskipun belum semua.

Sebagi informasi, Terminal Tipe A merupakan program dari kementerian perhubungan, sementara pemerintah daerah hanya menyediakan lahan.

Adapun progres ke depan  rencananya juga disekitar terminal akan dibangan mal sebagai pusat perbelanjaan.

Apa bila ada lahan lagi, disampingnya bisa bangun hotel, ini progres ke depan.

"Sebelumnya diadakan pertemuan, dan rencananya juga berkembang, bahwa fungsi terminal itu bukan hanya naik turun penumpang, namun juga bisa menjadi tempat pembangkit ekonomi."

"Menjadi contoh di daerah Jawa, terminal sudah terintegrasi dengan pusat perbelanjaan. Sehingga pihak kementerian melalui BPTD, menawarkan ini ke investor," tandasnya. (ana)

Ikatan Cinta Jumat 5 Maret 2021: Elsa Stres, Nino Cuek Meski Sang Istri Sakit Keserempet Mobilnya

Bacaan Alkitab Jumat 5 Maret 2021, Nehemia 7:70-73 : Memberi Persembahan

Apa Itu Unlawful Killing? Terkait dengan Kasus Tewasnya 6 Laskar FPI yang Ditembak Polisi

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved