Breaking News:

Artidjo Alkostar Meninggal

Ketokan Palu Artidjo Alkostar yang Bikin Koruptor Ciut Nyalinya

Banyak ketokan palunya yang membuat para koruptor merinding karena hukumannya pasti diperberat oleh Artidjo.

Editor: muhammad irham
Istimewa
Angelina Sondakh 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Anggota Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Artidjo Alkostar meninggal dunia, Minggu (28/2/2021).
Sebelum meninggal dunia, almarhum dikenal sebagai hakim agung yang tidak pro terhadap para koruptor.

Banyak ketokan palunya yang membuat para koruptor merinding karena hukumannya pasti diperberat oleh Artidjo.

Berikut ini koruptor yang pernah merasakan kerasnya hantaman palu Artidjo:

1. Angelina Sondakh

Hukuman Angelina Sondakh diperberat dari 4 tahun 6 bulan menjadi 12 tahun. Selain menambah hukuman menjadi 12 tahun, majelis hakim juga menghukum agar Angie mengembalikan uang negara yang dikorupsi sebesar Rp 12,5 miliar dan USD 2,3 juta.

Menurut Artidjo, Angelina Sondakh aktif meminta imbalan uang ataupun fee kepada Mindo Rosalina Manulang sebesar 7 persen dari nilai proyek, dan disepakati 5 persen, dan harusnya sudah diberikan ke Angie 50 persen pada saat pembahasan anggaran dan 50 persen setelah DIPA turun.

2. Luthfi Hasan Ishaaq

Hakim Agung Artidjo Alkostar dkk saat itu menambah hukuman mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq menjadi 18 tahun penjara setelah menolak kasasi terpidana kasus suap pengurusan impor daging dan pencucian uang tersebut.

Luthfi sebelumnya divonis 16 tahun oleh Pengadilan Tipikor Jakarta dan Pengadilan Tinggi Jakarta dan denda Rp 1 miliar. Hakim Artidjo dkk juga mencabut hak politik Luthfi.

Majelis kasasi yang diketuai Hakim Artidjo itu memutuskan perkara kasasi Lutfi secara bulat tanpa adanya perbedaan pendapat (disetting opinion).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved