Breaking News:

Penanganan Covid

Punya Tugas Selesaikan Masalah Pandemi, Pengamat Kesehatan Beri Masukan 5 Kepala Daerah yang Baru

Manoppo mengatakan, kepada kepala daerah yang melanjutkan kemimpinan pasti tetap akan menjalankan program yang sudah disusun sebelumnya.

Istimewa
Pengamat kesehatan Epidemolog sekaligus Dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Manado Jonesius Manoppo. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Usai dilantik Gubernur Sulut, kini kelima Kepala Daerah harus mengawali masa pemerintahan dalam kondisi pandemi Covid-19.

Hal itu mendapat tanggapan dari Pengamat Kesehatan Epidemolog sekaligus Dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Manado Jonesius Manoppo, Jumat (26/2/2021).

Manoppo mengatakan, kepada kepala daerah yang melanjutkan kemimpinan pasti tetap akan menjalankan program yang sudah disusun sebelumnya.

Untuk yang baru tentunya ada banyak yang sudah dipersiapkan tim transisi.

Sementara memang mereka harus menjalankan rencana anggaran yang sudah ditetapkan oleh pemerintahan sebelumnya.

Tapi apabila menginginkan hasil yang berbeda sebaiknya memang perencanaan dilakukan berdasarkan data yang ada.

Bisa dilakukan pemetaan wilayah mana yang rentan terjadi penularan, siapa-siapa yang selama ini terbukti positif, apa yang perlu ditiru dari daerah lain yang berhasil menekan angka penularan, siapa-siapa yang seharusnya terlibat dalam Penanggulangan Covid-19 dan program pemerintah pusat dan provinsi yang harus disinkronkan

Terobosan lain yaitu menyiapkan masyarakat untuk menerima vaksinasi, komitmen yang berintegritas mengenai protokol kesehatan terutama dalam hal mengumpulkan masa saat syukuran pelantikan

Tapi sebelum itu semua tentu saja perlu pertemuan awal untuk menularkan spirit baru dan memperkuat solidaritas dari para pejuang covid baik di lapangan maupun di managerial.

Sebelumnya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey melantik lima kepala daerah di Sulawesi Utara (Sulut) yang berlangsung di Graha Gubernuran Gubernur, Jumat (26/2/2021).

Halaman
12
Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved